Kamis 04 Nov 2021 17:45 WIB

Islam Ajarkan Muslim Memelihara Bumi

Tidak menebang pohon adalah penghormatan pada alam dan menjaga keseimbangan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Islam Ajarkan Muslim Memelihara Bumi
Foto:

Dia mengatakan, selama pohon-pohon masih bisa tetap hidup dan dipelihara di tengah-tengah permukiman atau kota, wajib dijaga dan tidak ditebang. Hal ini sebagai penghormatan pada alam dan demi menjaga keseimbangan.

"Alquran juga menegaskan kerusakan sistem alam semesta seperti munculnya bencana banjir, kekeringan, kebakaran hutan, pemanadan suhu global, dan sebagainya, tidak lepas dari kejahatan tangan manusia mengeksploitasi alam termasuk menebang hutan secara sewenang-wenang," ucap Ustadz Jeje.

Dalam Alquran, Allah Ta'ala berfirman, "Telah nyata kerusakan di daratan dan di lautan karena ulah tangan manusia.." (QS. Ar Ruum ayat 41).

Adapun isu perubahan iklim dan mitigasi terhadap dampak lingkungan akibat berbagai industri, kini terus mendapat perhatian. Pemanfaatan teknologi terus dilakukan untuk membantu memitigasi dampak perubahan iklim.

Penebangan pohon berkontribusi terhadap perubahan iklim karena menghabiskan hutan yang menyerap sejumlah besar gas karbon dioksida (CO2). "Pertama, menyediakan lahan terbuka hijau itu menjadi kewajiban otoritas dan pelaksana sehingga melakukan peta pembangunan berdasarkan pertimbangan tersebut selain faktor keindahan juga untuk menjaga ekosistem alam. Kedua, mungkin dalam kondisi tertentu ada pilihan yang tidak ideal, maka kepentingan masyarakat itu harus menjadi prioritas," kata Anggota DSN MUI Ustadz Oni Sahroni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement