Senin 01 Nov 2021 17:17 WIB

Kalimat Pertama Nabi Muhammad Sesampainya di Kota Madinah

Inti dari pesan Nabi Muhammad adalah kesejahteraan masyarakat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kalimat Pertama Nabi Muhammad Sesampainya di Kota Madinah
Foto:

Menjaga hubungan dengan kerabat

Keluarga dan kerabat adalah unit penting bagi perdamaian di dunia. Ketika keluarga tumbuh dan berkembang, koneksi dan ikatan lainnya tidaklah terlalu penting. Memperbaharui dan memelihara ikatan keluarga secara teratur, bahkan dengan kerabat jauh, menciptakan peluang untuk saling menghargai satu sama lain.

"Di dunia sekarang ini, kita beruntung teknologi telah menyediakan sarana komunikasi. Kita dapat dengan mudah tetap berhubungan dengan anggota keluarga lainnya," kata dia.

Sholat saat orang lain tertidur

Nabi Muhammad mengatakan sholat di malam hari sama halnya dengan memberi makan orang yang lapar, saling menyapa, dan menjaga ikatan keluarga. Begitu juga hubungan antara spiritual dan fisik manusia dihidupkan dengan mendirikan sholat malam.

"Ketika kita sendirian di saat-saat tenang di malam hari, itu adalah waktu yang kuat untuk membangun hubungan kita dengan Allah," kata dia.

 

Hubungan spiritual dengan Allah adalah reaktor yang memberi kita energi untuk mempertahankan hubungan kita dengan orang lain dan pelayanan kita kepada mereka. Dengan menyeimbangkan kekuatan batin kita dan menerapkan peran kita terhadap orang lain, kita tidak hanya memetakan jalan menuju kedamaian di dunia kita, tetapi juga jalan damai menuju surga.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement