Jumat 29 Oct 2021 02:00 WIB

Dampak Kekerasan di Bangladesh, Masjid di India Dirusak

Otoritas India telah menjaga masjid-masjid di negara bagian Tripura di timur la

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid India (ilustrasi)
Foto: Express Photo/Ashna Butani
Masjid India (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  NEW DELHI -- Pasukan keamanan India telah menjaga masjid-masjid di negara bagian Tripura di timur laut. Hal ini dilakukan setelah kelompok sayap kanan menyerang  Muslim sebagai pembalasan atas kekerasan mematikan terhadap umat Hindu di negara tetangga Bangladesh.

Dilansir dari laman TRT World pada Kamis (28/10), Pihak berwenang telah melarang pertemuan lebih dari empat orang di bagian utara negara bagian. Sementara polisi telah mengeluarkan peringatan tentang pesan provokatif, yang menyebar di media sosial.

Baca Juga

Sedikitnya empat masjid dirusak, dan toko-toko serta rumah-rumah milik umat Islam digeledah. Sementara Tripura diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) Perdana Menteri Narendra Modi. Para pemimpin komunitas Muslim minoritas India menyatakan, mereka semakin menghadapi serangan semenjak partai nasionalis Hindu berkuasa pada 2014.

Sedangkan Tripura memiliki perbatasan sepanjang 850 kilometer dengan Bangladesh yang mayoritas Muslim, di mana tujuh orang tewas ketika massa menggeledah sebuah kuil Hindu bulan ini. Kerusuhan tersebut dipicu oleh rekaman Alquran yang diletakkan di atas lutut dewa Hindu selama perayaan festival Hindu, dan menyebar ke 12 distrik di Bangladesh.

Penganut Hindu membentuk sekitar 10 persen dari populasi Bangladesh. Namun komunitas minoritas disebut sering menjadi korban kekerasan komunal di negara berpenduduk 169 juta jiwa itu.

Polisi Bangladesh mengatakan mereka menangkap sekitar 500 tersangka sehubungan dengan serangan terhadap kuil Hindu dan properti lainnya. Mereka termasuk seorang Muslim yang diduga meletakkan Alquran di atas lutut berhala Hindu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement