Kamis 28 Oct 2021 04:50 WIB

Hadits Rasulullah Mengenai Bilangan Wudhu dan Batasnya

Rasulullah berwudhu terkadang tiga kali dan terkadang satu kali.

Hadits Rasulullah Mengenai Bilangan Wudhu dan Batasnya
Foto:

Tapi jika dia hanya mengusap kepalanya satu kali, serta membasuh wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya satu kali, dengan melakukan semua itu, maka itu sudah cukup baginya. Kalau dia hanya mengusap kepalanya satu kali sekehendak tangannya, maka itu sudah cukup baginya. Dan itu adalah batas minimal yang harus dia lakukan.

Kalau dia mewudhukan sebagian anggota tubuhnya satu kali, lalu mewudhukan sebagian anggota tubuhnya yang lain dua kali, lalu mewudhukan sebagian anggota tubuhnya yang lain lagi tiga kali, maka itu sudah cukup baginya. Karena ketika yang satu kali sudah cukup pada semuanya, maka itu juga cukup bagi sebagiannya."

Imam Syafi'i berkata, "Malik mengabari kami, dari Amr bin Yahya al-Mazini, dari ayahnya, dari Abdullah bin Zaid, bahwa Rasulullah Saw. berwudhu dengan membasuh wajah beliau tiga kali, lalu kedua tangan beliau dua kali dua kali, lalu mengusap kepala beliau menggunakan kedua tangan beliau dengan mengedepankan tangan itu lalu membelakangkannya. Beliau memulai dari bagian depan kepala beliau. Kemudian menggerakkannya ke arah kuduk beliau, lalu menggerakkannya kembali ke tempat semula. Setelah itu beliau membasuh kedua kaki beliau."

Imam Syafi'i berkata, "Saya tidak menyatakan mustahab jika seseorang yang berwudhu mewudhukan anggota tubuhnya lebih dari tiga kali. Tapi kalau dia melebihkan itu, saya tidak menyatakan bahwa itu makruh, insya Allah ta'ala. Jika seseorang mewudhukan wajahnya dan kedua tangannya, kemudian dia berhadats, maka dia harus mengulangi wudhunya dari awal."

sumber : Imam Asy-Syafi'i dalam Al-Umm Kitab Induk Fiqih Islam #1 terbitan Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement