Rabu 27 Oct 2021 07:39 WIB

3 Permintaan dalam Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Kala Pagi

Rasulullah SAW berdoa minta ilmu, rezeki, dan amal diterima

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW berdoa minta ilmu, rezeki, dan amal diterima. Ilustrasi berdoa
Foto:

Kedua, rezeki yang baik 

Rezeki yang baik adalah yang halal. Sebab rezeki yang halal akan mendatangkan ketenangan, memberikan kekuatan untuk beribadah, menyebabkan amalan diterima, serta menjadi sebab keberkahan. Sebaliknya, rezeki yang haram akan mengakibatkan kegelisahan, membuat malas beribadah, memicu tertolaknya amalan, serta mengundang bencana. 

"Seorang tidak mungkin bisa membedakan antara yang halal dengan yang haram, kecuali bila berbekal ilmu agama. Karena itulah di dalam doa ini dididahulukan permintaan ilmu sebelum rezeki," kata Ustadz. 

Ketiga, amalan yang diterima 

Seorang Muslim bukan hanya bersemangat untuk beramal. Namun dia juga harus berupaya keras agar amalannya diterima, dengan cara memenuhi kriteria-kriteria diterimanya suatu amal, yang telah digariskan agama. 

"Kriteria tersebut adalah ikhlas karena Allah SWT, sesuai tuntunan Rasulullah ﷺ serta menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan tertolaknya amal. Seperti konsumsi makanan-minuman haram, bertengkar dan saling mendiamkan sesama muslim, serta pergi ke dukun atau tukang sihir," ucap Ustadz Abdullah.  

 

"Rasulullah ﷺ yang mengajari kita doa di atas, tentu beliau telah dikaruniai oleh Allah tiga hal di atas. Yaitu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima. Pun demikian, ternyata beliau tetap rutin membaca doa ini setiap hari. Kita yang tidak memiliki jaminan tiga hal ini, tentu lebih pantas untuk rajin membacanya. Agar dikarunia Allah hal-hal tersebut," lanjut Ustadz.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement