Kamis 21 Oct 2021 05:55 WIB

Nabi Muhammad Guru Terbaik di Dunia

Nabi Muhammad sangat metodis dalam metode pengajarannya dan tak pernah terburu-buru.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad Guru Terbaik di Dunia
Foto:

Pembicara sempurna

Nabi Muhammad sangat metodis dalam metode pengajarannya dan tidak pernah terburu-buru dalam pelajarannya. Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada para sahabat. 

Hal ini berdasarkan penuturan istri tercinta Aisyah, berkata : "Berbicara sedemikian rupa sehingga jika seseorang menghitung kata-katanya, kata-katanya dapat dihitung. (Al-Bukhari)

Nabi juga akan mengulangi kata-katanya tiga kali. Kata-kata yang dia ucapkan dan pelajaran yang dia sampaikan tidak ambigu, yang membantu para siswa Islam unggul dalam menyempurnakan iman mereka dan memasukkan Alquran ke dalam hati mereka.

Hidup sebagai teladan

Yang Nabi Muhammad menjadi guru yang fenomenal adalah karena ia memimpin dengan memberi contoh. Dia sering berceramah kepada para sahabatnya tentang Keesaan Tuhan Yang Maha Esa, menjalani kehidupan yang sesuai dengan Islam dan memikirkan akhirat.

Dalam setiap aspek kehidupannya, Nabi Muhammad adalah teladan dan mengamalkan apa yang dia ajarkan. Hal ini memudahkan para sahabatnya untuk melihat bagaimana menjalani hidup mereka sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah. 

Allah SWT berfirman dalam Alquran: "Sesungguhnya telah ada bagimu pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang sangat baik bagi siapa saja yang mengharap kepada Allah dan Hari Akhir dan yang sering mengingat Allah. (QS 33:21 )

Sabar melewati kesulitan

Nabi Muhammad kerap bertemu dengan orang-orang yang menghina dan membencinya saat ia mulai mengajarkan Islam pada awal kenabiannya. Di Makkah, ia menghabiskan 13 tahun dalam upaya mengajar orang-orang tentang pesan Alquran.

Nabi Muhammad mengajarkan kebijaksanaan dan kesabaran dalam setiap cobaan yang harus dilaluinya. Metode di mana Nabi Muhammad mengajarkan Islam kepada para sahabatnya memiliki efek riak yang telah melampaui berabad-abad untuk menjadikan Islam sebagai agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia saat ini.

Sedangkan di sekolah-sekolah di pusat kota Amerika, guru kerap menyerah untuk menghadapi siswa-siswa mereka yang keras. Bagi banyak guru, mereka hanya akan memberikan perhatian besar kepada siswa yang cepat memahami pelajaran tetapi tidak menjangkau siswa yang harus berjuang untuk mendapatkan pemahaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement