Jumat 15 Oct 2021 05:45 WIB

10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (2-Habis)

Para selebritas ini menunjukkan dukungannya pada Palestina secara terbuka.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (2-Habis). Vokalis Coldplay, Chris Martin
Foto: www.muzu.tv
10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (2-Habis). Vokalis Coldplay, Chris Martin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini dikabarkan Penulis Irlandia Sally Rooney tidak menerjemahkan buku terbarunya ke dalam bahasa Ibrani karena adanya pelanggaran hak asasi manusia terhadap Palestina oleh pasukan Israel. Namun, Rooney bukanlah satu-satunya tokoh yang membela Palestina. Berikut tokoh terkenal lain yang menunjukkan dukungannya terhadap Palestina, dilansir The New Arab, Kamis (14/10).

6. Chris Martin

Baca Juga

Vokalis band Inggris Coldplay, Chris Martin selama bertahun-tahun menuai kemarahan karena dukungannya yang tak henti-hentinya untuk Palestina. Selama konser di ibu kota Yordania, Amman pada 2019, seorang penggemar memintanya menyanyikan sebuah lagu untuk Gaza dan memberikan pidato yang tulus dalam solidaritas dengan Palestina.

"Saya percaya setiap manusia memiliki hak hidup di bumi ini. Saya tidak setuju dengan penindasan atau penindasan dalam bentuk apa pun," ucap dia.

7. Penelope Cruz

Selama pengeboman di Jalur Gaza pada musim panas 2014, aktris Spanyol Penelope Cruz menandatangani petisi yang mendesak Israel mengakhiri serangannya dan menggambarkannya sebagai genosida. Petisi tersebut menuntut gencatan senjata dan meminta Uni Eropa mengutuk tindakan Israel di Gaza yang terkepung.

“Gaza hidup dalam kengerian akhir-akhir ini, dikepung dan diserang melalui darat, laut, dan udara. Rumah-rumah warga Palestina dihancurkan,” kata surat itu.

8. Dua Lipa

Penyanyi Inggris-Albania Dua Lipa mendukung mereka yang menghadapi pengungsian di lingkungan Yerusalem Timur yang diduduki Sheikh Jarrah dan mereka yang dibombardir di Jalur Gaza yang terkepung. "Saya berdiri dalam solidaritas dengan semua orang yang tertindas dan menolak segala bentuk rasialisme. Ini adalah harga yang Anda bayar untuk membela hak asasi manusia Palestina melawan pemerintah Israel," ujar dia.

9. Zayn Malik

Penyanyi Zayn Malik secara konsisten menunjukkan dukungan penuh untuk Palestina. Pada 2014, ia terkenal mencicit dengan tagar #FreePalestine dan menerima serangan balasan pelecehan Islamofobia, tetapi menolak menghapusnya. Pada Mei, Malik mencicit "Saya mendukung rakyat Palestina. Hati saya sakit untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kami tidak bisa berdiri sebagai saksi bisu dan tidak menuntut hak asasi semua orang Palestina! Ini harus berakhir. Bebaskan Palestina."

10. Rage Against The Machine

Band metal yang berbasis di Kalifornia ini menyuarakan dukungan untuk Palestina pada  Mei selama serangan di Gaza dan meningkatnya kekerasan terhadap warga Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki. "Kekerasan dan kekejaman yang kita saksikan di Sheikh Jarrah, kompleks Al-Aqsa dan Gaza adalah kelanjutan dari dekade apartheid brutal Israel dan pendudukan kekerasan di Palestina," kata band itu dalam sebuah pernyataan.

"Kami berdiri bersama rakyat Palestina saat mereka melawan teror kolonial ini dalam segala bentuknya. #FreePalestine," tambah mereka.

Baca juga: 10 Selebriti Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (1)

photo
Dalam pengambilan video yang disediakan oleh CBS dan Recording Academy ini, Dua Lipa tampil di Grammy Awards tahunan ke-63 di Los Angeles Convention Center pada Ahad, 14 Maret 2021. - (AP/CBS/Recording Academy)

https://english.alaraby.co.uk/features/not-just-sally-rooney-celebrities-who-support-palestinians

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement