Kamis 14 Oct 2021 05:15 WIB

Pentingnya Tawakal, Melepaskan Diri dari Kekhawatiran

Tawakal adalah teguh dalam hati atau mengandalkan Allah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Pentingnya Tawakal, Melepaskan Diri dari Kekhawatiran
Foto:

Allah berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 9:

رَبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيْلًا

“(Dialah) Tuhan timur dan barat, tidak ada tuhan selain Dia, maka jadikanlah Dia sebagai pelindung.”

Imam Ahmad mengatakan hari paling bahagia dalam hidupnya adalah ketika dia bangun pada suatu pagi menemukan tidak ada makanan di rumahnya karena dia tahu pada hari ini dia harus mengandalkan Allah sepenuhnya. Imam Ahmad sangat miskin karena dia tidak memiliki rezeki lebih untuk pergi ke pasar dan membeli apa yang diinginkan hatinya.

Mengandalkan Allah membutuhkan pelatihan. Kita adalah manusia dan terkadang kita akan merasakan ketidakpastian dan kesepian.

Jika kita benar-benar mengandalkan Allah seperti kita mengandalkan dokter, kepercayaan ini hanya dapat memberi kita ketenangan pikiran dan ketenangan hati. Sebab kita mengetahui Allah selalu melakukan yang terbaik untuk kita.

Dilansir About Islam, ketenangan ini berkembang ketika kita menghadapi situasi ketidaknyamanan dan ketidakpastian. Ketika kita bertawakal, kita tidak akan pernah mencari cara yang haram untuk melarikan diri dari situasi kita karena hanya percaya Allah yang menentukan hasilnya.

Setiap kali kita merasa tidak pasti, kita bisa mulai bertawakal. Lakukan apa yang Anda bisa tapi percaya pada jaminan bahwa Tuhan akan memberi Anda hasil yang Anda butuhkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement