Selasa 12 Oct 2021 05:31 WIB

Gerhana tak Terkait Kematian dan Kelahiran

Terjadinya gerhana adalah pertanda kekuasaan Allah SWT.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Gerhana tak Terkait Kematian dan Kelahiran. Gerhana matahari sebagian.
Foto:

Rasulullah memberikan tuntunan kepada umatnya ketika terjadi gerhana. Maka ketika terjadi gerhana umat Islam disunnahkan untuk melakukan sholat kusufain berarti sholat dua gerhana atau sholat yang dilakukan saat terjadi gerhana bulan maupun matahari. Sholat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan sholat khusuf sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan sholat kusuf.

Keterangan ini sebagaimana dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib yang menuliskan sebuah hadits nabi Muhammad: 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرًاَيَتَانِ مِنْ اَيَاتِ اللَّهِ لَايَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍوَلَا لِحَيَاتِهِ فَاِذَارَأَيْتُمُوْ هُمَافَافْزَعُوْا إِلَى الصَّلَا ةِ فَصَلُّوْاوَاذْكُرُوااللَّهَ.

Rasulullah bersabda: Sesungguhnya matahari dan bulan itu sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, tidak terjadi gerhana karena matinya seseorang, dan tidak pula gerhana terjadi karena hidupnya manusia. Ketika kalian sudah melihat  akan gerhana matahari dan gerhana bulan maka bersegeralah sholat (khusuf). Maka sholatlah dan dzikirlah kepada Allah.

Maka ketika terjadi gerhana umat Muslim dianjurkan melaksanakan sholat khusuf. Selain dari pada itu ada amaliyah lainnya yang sangat mulia untuk dilakukan ketika terjadinya gerhana. Yaitu di antaranya adalah bersedekah. Sebagaimana keterangan sebuah hadits yang juga dapat ditemukan dalam kitab at Targib wat Tarhib.

وَكَانَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحُثُّ النَّاسَ عَلَى الصَّدَقَةِ وَالْاِسْتِغَفَارِ وَالَّذِكْرِفِى الْكُسُوْفَيْنِ وَيَقُوْلُ : إِذَارَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوْااللَّهَ وَكَبِّرُوْا وَتَصَدَّقُوْاوَصَلُّوْاوَاَعْتِقُوْاحَتَّى يَنْجَلى.

Rasulullah menganjurkan manusia untuk bersedekah, beristighfar, berzikir, pada waktu terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan. Nabi bersabda: Apabila kalian mendapati gerhana matahari atau gerhana bulan, maka berdoalah kalian semua dan takbirlah dan sedekahlah dan sholatlah kalian semua dan bebaskanlah budak sampai hilang gerhananya. 

Baca juga : Walikota Manila Calonkan Diri Sebagai Capres Filipina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement