Rabu 06 Oct 2021 16:05 WIB

Mimpi Abdul Muthalib Sebelum Cucunya, Nabi Muhammad, Lahir

Kakek Nabi Muhammad ini mendapatkan mimpi yang sama hingga empat kali.

Mimpi Abdul Muthalib Sebelum Cucunya Nabi Muhammad Lahir. Sumur Zamzam.
Foto:

Mereka meminta minum kepada rombongan suku Quraisy tetapi ditolak seraya berkata, "Kita sedang berada di tempat yang tandus dan kami khawatir akan bernasib sama kehabisan air seperti kalian,"

Mendengar jawaban itu, kaum Abdu Manaf sedih. Lalu Abdul Muthalib memberikan semangat dengan mengajak kaumnya terus melanjutkan perjalanan dengan harapan bisa mendapatkan air dalam perjalanan itu.

"Semoga Allah memberikan rezeki kepada kita berupa air di sebagian negeri. Berangkatlah!" kata Abdul Muthalib.

Maka mereka pun melanjutkan perjalanan.Hingga ketika 'Abdul Muthalib membangunkan hewan tunggangannya, memancarlah dari bawah sepatu kulitnya mata air yang enak rasanya. Abdul Muthalib pun lantas bertakbir dan teman-temannya ikut bertakbir.

Mereka mengambil air itu hingga memenuhi wadah minum mereka. Kemudian ia mengundang suku-suku Quraisy. Melihat semua itu, akhirnya suku Quraisy mengakui kemuliaan beliau dan menyerahkan sumur zamzam sepenuhnya kepada Abdul Muthalib.

"Demi Allah, Allah telah menetapkan bagimu atas kami. Demi Allah, kami tidak akan berdebat denganmu tentang hak kepemilikan Zamzam selamanya," kata suku Quraisy.

 

"Sesungguhnya yang telah memberimu minum dengan air ini di tanah lapang ini adalah sama dengan yang telah memberimu minum Zamzam. Maka kembalilah ke tempat penampungan air milikmu dengan bijaksana," kata mereka.

sumber : Buku Sirah Nabawiyah: Ulasan Kejadian dan Analisa Peristiwa dalam Perjalanan Hidup Nabi Muhammad karya Ali Muhammad Ash-Shalabi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement