Senin 04 Oct 2021 05:20 WIB

Menilik Kepribadian Istri Rasulullah, Hafsa Binti Umar

Hafsa dikenal rajin belajar, amanah, tangguh, dan sangat taat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Menilik Kepribadian Istri Rasulullah, Hafsa binti Umar
Foto:

Lalu Rasulullah SAW mengutip ayat Surah Maryam untuk menjawab pertanyaan istrinya. "Kemudian Kami selamatkan orang-orang yang bertakwa kepada Allah. Dan Kami biarkan orang-orang yang zalim di dalamnya bertekuk lutut (di neraka),” (QS Maryam ayat 72).

Hafsa tidak pernah kehilangan kata-kata dan tidak takut untuk berbeda berpendapat dengan Nabi SAW. Tapi dia tidak pernah bertanya untuk tujuan menentang Nabi SAW. Hafsa hanya ingin tahu. Apakah itu menjengkelkan atau tidak, Hafsa hanya ingin mengeluarkan rasa ingin tahunya.

Karena memperdalam tiap-tiap ayat Alquran, Hafsa secara alami menjadi hafiz Alquran. Hafsa banyak menulis ayat-ayat Alquran di bagian-bagian rumahnya, pada cabang-cabang palem, papan tulis, dan bahan-bahan lain. Kemudian, di masa khalifah 'Utsman bin Affan, ayat-ayat tersebut dijadikan dalam satu bentuk buku.

Alquran adalah hal yang paling penting dan berharga yang pernah ada di dunia. Hafsa adalah sosok yang dipercayakan baik lisan maupun tulisan. Dia dianggap sebagai penjaga Alquran dan sumber utama dalam bentuk verbal dan tekstual. Jika dia bukan orang yang paling dapat dipercaya, Nabi SAW dan para sahabat tidak akan memberinya tugas penting untuk menjaga Alquran.

Hafsa bukan hanya pandai dan dapat dipercaya, ia juga sosok perempuan yang tangguh. Hafsa, dalam bahasa Arab artinya singa betina muda yang berarti kuat dan tangguh.

Suatu hari, ketika berbicara dengan ibu Hafsa, Umar ra berkata, "Saya pikir saya akan begitu dan begitu". Kemudian istrinya menjawab, “Tetapi akan lebih baik jika kamu melakukan ini dan itu”. "Apakah kamu berdebat dengan saya, istriku?" kata Umar. "Mengapa tidak?" dia menjawab. “Putrimu terus berdebat dengan Rasulullah sampai dia membuatnya kesal sepanjang hari.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement