Rabu 29 Sep 2021 05:45 WIB

Alasan Islam Melarang Minum Alkohol

Alkohol tidak diragukan lagi berbahaya dan berdampak buruk pada pikiran dan tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Islam Melarang Minum Alkohol
Foto:

Pertama, Allah menjelaskan kepada mereka bahwa bahaya minum alkohol lebih besar daripada manfaatnya. Selanjutnya, Allah mengatakan kepada umat Islam untuk tidak sholat dalam keadaan mabuk. Terakhir, Allah menurunkan sebuah ayat yang melarang alkohol sama sekali.

Wahai orang-orang yang beriman! Minuman keras (semua jenis minuman beralkohol), perjudian, penyembahan berhala, dan ramalan, adalah kekejian buatan tangan setan. Jadi hindari itu agar kamu bisa sukses. (Alquran 5: 90)

Lalu mengapa begitu sulit menghapus alkohol di abad ke-21? Semua kekuatan dan kekuatan berasal dari Allah. Momok seperti alkohol dapat diberantas hanya ketika mereka yang terpengaruh oleh alkohol berbalik kepada Allah dengan penyerahan diri sepenuhnya.

Alquran adalah kitab petunjuk yang diturunkan kepada seluruh umat manusia. Ini adalah seperangkat instruksi dari Sang Pencipta untuk ciptaan-Nya. Jika kita mengikuti petunjuk ini, hidup kita akan mudah dan tenang, bahkan dalam menghadapi bencana dan kecelakaan.

Islam berkomitmen mendorong dan memfasilitasi mereka yang ingin bertobat dari perbuatan jahat dan perilaku berdosa. Allah menerima pertaubatan dari mereka yang benar-benar menyesali perbuatannya dan berkomitmen menjauhi dosa. Muslim tidak mengucilkan mereka yang telah melakukan kesalahan, tetapi justru menjaga mereka tetap dalam Islam, mendorong mereka mencari kedekatan dengan Allah yang memungkinkan mereka meninggalkan perilaku berdosa.

Islam adalah agama yang berorientasi pada komunitas. Tidak ada tempat bagi seorang individu untuk melakukan apa yang dia ingin lakukan jika itu menyakiti orang lain. 

Penyalahgunaan alkohol mempengaruhi tidak hanya pecandu alkohol tetapi juga keluarganya dan masyarakat. Ada hikmah besar dalam larangan alkohol.

 

https://aboutislam.net/reading-islam/understanding-islam/this-is-why-islam-prohibits-drinking-alcohol/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement