Rabu 29 Sep 2021 05:45 WIB

Alasan Islam Melarang Minum Alkohol

Alkohol tidak diragukan lagi berbahaya dan berdampak buruk pada pikiran dan tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Islam Melarang Minum Alkohol
Foto:

Dengan meminum alkohol, kita mengundang setan ke dalam hidup kita dan membuatnya mudah untuk mengalihkan perhatian kita dari tujuan hidup kita yang sebenarnya, yakni untuk menyembah Allah. "Sesungguhnya setan adalah musuhmu, maka perlakukanlah dia sebagai musuh. Dia hanya mengajak para pengikutnya agar mereka menjadi penghuni api yang menyala-nyala." (Alquran 35:6)

Alkohol mempengaruhi pikiran dan membuat perilaku berdosa dan tindakan jahat tampak adil. Ini menciptakan permusuhan dan kebencian di antara orang-orang, mencegah mereka dari mengingat Allah dan mengalihkan mereka dari berdoa, serta mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam hubungan seksual yang melanggar hukum.

Alkohol menghasilkan rasa malu, penyesalan, aib, dan membuat peminum menjadi tidak waras. Lalu alkohol mengarah pada pengungkapan rahasia dan pengungkapan kesalahan.

Setan hanya ingin menimbulkan permusuhan dan kebencian antara kamu dengan minuman keras dan judi, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan dari sholat. Jadi, apakah kamu tidak akan ragu? (Alquran 5:91)

Di Arab pra-Islam, penggunaan alkohol tersebar luas. Untuk memberantas kejahatan ini, Allah dalam rahmat-Nya mengungkapkan larangan secara bertahap.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement