Rabu 29 Sep 2021 05:45 WIB

Alasan Islam Melarang Minum Alkohol

Alkohol tidak diragukan lagi berbahaya dan berdampak buruk pada pikiran dan tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Islam Melarang Minum Alkohol
Foto:

Alkohol dianggap sangat karsinogenik, meningkatkan risiko kanker mulut, faring, laring, kerongkongan, hati, dan payudara. Meminumnya selama kehamilan dapat menyebabkan Sindrom Alkohol Janin, menyebabkan anak menjadi kecil saat lahir, memiliki beberapa cacat wajah, bukaan mata kecil, jari tangan atau kaki berselaput atau bahkan hilang, kelainan bentuk organ, ketidakmampuan belajar, keterbelakangan mental dan banyak lagi.

Para peneliti di Australia juga memperkirakan 47 persen dari semua yang melakukan kejahatan kekerasan dan 43 persen dari semua korban kejahatan ini mabuk sebelum peristiwa tersebut. Alkohol bertanggung jawab atas 44 persen cedera kebakaran, 34 persen jatuh dan tenggelam, 30 persen kecelakaan mobil, 16 persen kasus pelecehan anak, dan tujuh persen kecelakaan industri.

Meskipun jelas alkohol bertanggung jawab atas banyak kejahatan, itu legal dan bahkan dianjurkan di sebagian besar masyarakat. Di negara-negara Muslim dimana alkohol dilarang, banyak orang masih merasa sulit menahan godaan dan menjadi mangsa alkoholisme.

Hebatnya lagi, meski bukti-bukti ilmiah secara terang-benderang memaparkan bahaya dari alkohol, orang-orang di seluruh dunia masih terus mengonsumsinya dalam jumlah yang terus meningkat. Mengapa?

Dilansir di About Islam, Ini adalah salah satu alat yang digunakan setan untuk mengalihkan perhatian umat manusia dari menyembah Allah. Allah SWT menyatakan dengan jelas dalam Alquran bahwa setan adalah musuh terbuka bagi umat manusia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement