Rabu 22 Sep 2021 05:25 WIB

Manfaat Sholat Lima Waktu

Sholat sendiri seperti dikumandangkan dalam adzan disebut sebagai sebuah kemenangan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Manfaat Sholat Lima Waktu
Foto:

Dengan melaksanakan sholat berarti kita mengingat akan Allah sebagai Pencipta dari alam dunia beserta isinya. Alquran menyatakan, bahwa dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. 

Sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah Ar-Ra'd (13) ayat 28: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Sholat sendiri seperti dikumandangkan dalam adzan disebut sebagai sebuah kemenangan. Salah satu redaksi dari adzan adalah "Marilah kita menunaikan sholat" dan "Marilah kita menuju kemenangan." Dalam adzan Subuh bahkan ditambahkan bahwa, "Sholat lebih baik daripada tidur."

"Benar-benar tidak ada yang lebih indah di negara Muslim untuk bangun di pagi hari untuk mendengar nama Allah disebut dari setiap bagian kota. Bahkan bagi mereka yang merupakan satu-satunya Muslim di kota mereka, panggilan untuk sholat di Subuh hari mengingatkan mereka betapa indahnya sebuah anugerah sholat," kata Idris.

Idris membandingkan seruan adzan dengan bunyi sirine udara saat perang. Ia mengatakan, orang-orang akan berlari secepat mungkin untuk berlindung dari bom saat mendengar sirine. Sementara saat adzan berkumandang, alih-alih memanggil orang-orang untuk berlindung dari bom, adzan meminta mereka untuk datang kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berlindung dari kesusahan hidup ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement