Selasa 21 Sep 2021 05:15 WIB

Suami Istri Saling Melengkapi dan Sama di Sisi Allah SWT

Suami istri layaknya pilot dan ko-pilot dalam sebuah penerbangan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Suami Istri Saling Melengkapi dan Sama di Sisi Allah SWT
Foto:

Berdasarkan ayat tersebut, ini berarti adalah tanggung jawab utama suami untuk membawa keluarganya dengan selamat ke tujuan mereka. Ini sama dengan tanggung jawab pilot untuk mendarat dengan selamat dan menurunkan penumpang di terminal bandara.

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Masing-masing dari kalian adalah gembala dan bertanggung jawab atas kawanannya. Pemimpin rakyat adalah pelindung dan bertanggung jawab atas rakyatnya. Seorang pria adalah pelindung keluarganya dan dia bertanggung jawab atas mereka. Seorang wanita adalah penjaga rumah suaminya dan anak-anaknya dan dia bertanggung jawab atas mereka. Hamba seorang pria adalah penjaga harta tuannya dan dia bertanggung jawab untuk itu. Tidak diragukan lagi, setiap kamu adalah penggembala dan bertanggung jawab atas kawanannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda: "Yang terbaik di antara kamu adalah yang terbaik untuk keluarganya, dan aku adalah yang terbaik untuk keluargaku." (HR. At-Tirmidzi)

Jadi suami bertanggung jawab atas keluarga mereka, dan mereka harus memperlakukan mereka dengan cara terbaik. Syura atau konsultasi timbal balik, merupakan unsur penting bagi pilot dan ko-pilot untuk berhasil bekerja sama secara harmonis. 

Seorang pilot yang baik tidak boleh menjadi diktator, tetapi harus mendengarkan pendapat ko-pilotnya dan mencari pandangannya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pesawat dan penerbangan. Ko-pilot juga harus melakukan hal yang sama.

Prinsip yang sama berlaku untuk suami dan istri. Sebelum mengambil keputusan keluarga, mereka harus meluangkan cukup waktu untuk meninjau dan mendiskusikan masalah tersebut demi mencapai konsensus dan menyepakati pilihan terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement