Selasa 14 Sep 2021 05:30 WIB

Yajuj Majuj, Apakah Fakta atau Mitos Belaka?

Yajuj dan Majuj adalah makhluk yang benar-benar ada

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Yajuj dan Majuj adalah makhluk yang benar-benar ada. Benteng (ilustrasi)
Foto: republika
Yajuj dan Majuj adalah makhluk yang benar-benar ada. Benteng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, – Yajuj dan Majuj adalah dua suku atau bangsa yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. 

Namun, apakah dua bangsa ini hanya sebuah mitos atau fakta? Seorang peneliti di Al Azhar, Dr Abu Yazid, menjelaskan Yajuj dan Majuj adalah dua bangsa besar yang di dalamnya terdapat banyak orang, dan mereka adalah contoh nyata dari kerusakan dan kaum perusak di dunia dan di akhirat. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَىٰ أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا “Mereka berkata, "Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Yajuj dan Majuj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?" (QS Al Kahfi 94).

Menurut Abu Yazid, Yajuj dan Majuj, di dunia mengalami deportasi dan pengusiran, serta diasingkan dari manusia dengan bendungan yang tidak dapat ditembus, dan itu bukan bendungan imajiner seperti klaim bodoh, melainkan bendungan yang benar-benar dibangun dari besi dan cairan tembaga. Dalam ayat selanjutnya di surat Al Kahfi, Allah SWT berfirman: 

قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا * آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا حَتَّى إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا * فَمَا اسْطَاعُوا أَنْ يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا" 

“Dzulkarnain berkata, "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka, berilah aku potongan-potongan besi."

Baca juga : Saudi: Pendatang Internasional Dikarantina Lima Hari

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement