Senin 13 Sep 2021 19:43 WIB

Sembilan Pandangan Keliru Produk Islamofobia

Islam disalahpahami banyak orang sehingga memberi jalan kepada Islamofobia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sembilan Pandangan Keliru Produk Islamofobia. Sejumlah umat Muslim melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

8. Muslim ingin membawa syariah ke Barat

Syariah telah menjadi sedikit kata kotor di Barat, dan kadang-kadang ditafsirkan secara tidak sesuai dengan demokrasi. Syariah adalah seperangkat pedoman yang diambil dari Alquran dan ajaran Nabi Muhammad yang dirancang untuk membantu umat Islam menjalani cara hidup yang bermoral dan etis.

"Orang-orang telah mengembangkan kesalahpahaman tentang hal itu karena informasi yang salah yang dibagikan melalui media, budaya pop, dan RUU anti-syariah yang berkontribusi pada histeria," kata Chaudry.

Faktanya, yang termasuk bagian dari syariah adalah bahwa umat Islam harus mematuhi hukum negara tempat mereka tinggal. Bahkan negara-negara mayoritas Muslim tidak sepenuhnya mengadopsi atau mengikuti syariah, tetapi campuran hukum yang ditinggalkan oleh kolonialisme Eropa dan syariah.

9. Semua Muslim harus bertanggung jawab atas tindakan teroris Muslim

Kesalahan kolektif komunitas Muslim setelah terjadi aksi teroris adalah anggapan tidak bermoral. Padahal, tidak etis menyalahkan seluruh kelompok atas tindakan individu. Gagasan bahwa Muslim harus melakukan itu atau menganggap Muslim setuju dengan terorisme tidak dapat diterima.

Dukungan terhadap setiap dan semua kiasan Islamofobia sangat berbahaya tidak hanya bagi umat Islam, tetapi juga bagi semua orang. Islamofobia buruk bagi demokrasi, bukan hanya bagi Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement