Rabu 08 Sep 2021 18:51 WIB

Al Washliyah Soroti Keringnya Nilai Rohaniah Generasi Muda

Generasi muda saat ini mengalami kekeringan nilai-nilai rohaniah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Generasi muda (ilustrasi)
Foto: RepublikaTV/Fakhtar Khairon Lubis
Generasi muda (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam'iyatul Washliyah, KH Masyhuril Khamis menyoroti sejumlah persoalan mendasar yang tengah melanda bangsa ini. Ada beberapa yang disoroti. Di antaranya terkait masalah yang menimpa generasi muda dan konflik antarkelompok masyarakat.

Kiai Masyhuril menilai, generasi muda saat ini mengalami kekeringan nilai-nilai rohaniah. Menurutnya, pendidikan agama dan Pancasila terhadap generasi muda mulai melemah sehingga ini menjadi persoalan yang perlu diperbaiki.

Baca Juga

"Betapa keringnya nilai-nilai ruhaniah di generasi muda kita. Maka pendidikan akhlak, moral, dan Pancasila, adalah sesuatu yang wajib dihidupkan mulai dari dini  sampai perguruan tinggi," tutur dia kepada Republika.co.id, Rabu (8/9).

Akibat keringnya nilai ruhaniah itu, menurut Kiai Masyhuril, muncul berbagai fenomena yang tidak baik seperti adanya generasi muda yang melakukan pernikahan tanpa niat memiliki anak. Dia mengingatkan, pernikahan tidak boleh menyalahi maqashid syari'ah atau tujuan syariat yang salah satunya ialah menjaga keturunan.

"Justru tujuan pernikahan adalah untuk melanjutkan keturunan di samping melakukan perintah Allah dan Rasululah SAW. Jaid melanjutkan keturunan adalah bagian dari pernikahan," tutur dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement