Rabu 08 Sep 2021 05:15 WIB

Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran

Allah menjelaskan menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran
Foto:

Apabila ia telah menguasai dirinya kembali dan amarahnya sudah mulai reda, barulah ia melakukan tindakan yang adil sebagai balasan atas perlakuan orang terhadap dirinya. Apabila seseorang telah melatih diri seperti itu, maka dia tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang melampaui batas, bahkan dia akan menganggap perlakuan yang tidak adil terhadap dirinya itu mungkin karena khilaf dan tidak disengaja dan ia akan memaafkannya.

Allah menjelaskan menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa. Orang yang benar-benar bertakwa pasti akan dapat menguasai dirinya pada saat sedang marah.

Sifat ketiga, orang yang memaafkan kesalahan orang lain. Memilih memaafkan kesalahan orang lain sedang kita sanggup membalasnya dengan balasan yang setimpal adalah suatu sifat yang baik yang harus dimiliki oleh setiap Muslim.

Mungkin hal ini sulit dipraktikkan karena sudah menjadi kebiasaan bagi manusia membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi bagi manusia yang sudah tinggi akhlak dan kuat imannya serta telah dipenuhi jiwanya dengan ketakwaan, maka memaafkan kesalahan itu mudah saja baginya. Mungkin membalas kejahatan dengan kejahatan masih dalam rangka keadilan, tetapi harus disadari membalas kejahatan dengan kejahatan tidak dapat membasmi atau melenyapkan kejahatan itu.

Mungkin dengan adanya balas membalas itu kejahatan akan meluas dan berkembang. Bila kejahatan dibalas dengan maaf dan sesudah itu diiringi dengan perbuatan yang baik, maka yang melakukan kejahatan itu akan sadar dia telah melakukan perbuatan sangat buruk dan tidak adil terhadap orang yang bersih hatinya dan suka berbuat baik. Dengan demikian, dia tidak akan melakukannya lagi dan tertutuplah pintu kejahatan.

Sifat keempat, orang yang berbuat baik. Berbuat baik termasuk sifat orang yang bertakwa. Maka di samping memaafkan kesalahan orang lain hendaklah memaafkan itu diiringi dengan berbuat baik kepada orang yang melakukan kesalahan.

Baca juga : Taliban Tegaskan Afghanistan akan Pakai Hukum Syariat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement