Rabu 08 Sep 2021 05:15 WIB

Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran

Allah menjelaskan menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran
Foto:

Allah berfirman, hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.

Sifat kikir yang tertanam dalam hati manusia hendaklah diberantas dengan segala macam cara dan usaha karena sifat ini adalah musuh masyarakat nomor satu. Tidak ada satu umat pun yang dapat maju dan hidup bahagia kalau sifat kikir ini merajalela pada umat itu.

Sifat kikir bertentangan dengan perikemanusiaan. Oleh sebab itu Allah memerintahkan untuk menafkahkan dan menjelaskan harta yang ditunaikan zakatnya dan didermakan sebagiannya tidak akan berkurang bahkan akan bertambah.

Sifat kedua, orang yang menahan amarahnya. Biasanya orang yang menuruti amarahnya tidak dapat mengendalikan akal pikirannya dan akan melakukan tindakan-tindakan kejam serta jahat.

Apabila dia sadar pasti menyesali tindakan yang dilakukannya itu dan dia akan merasa heran mengapa ia bertindak sejauh itu. Oleh karenanya, bila seseorang dalam keadaan marah hendaklah ia berusaha sekuat tenaga menahan rasa amarahnya lebih dahulu.

Baca juga : Muslim Thailand Sholat di Masjid dengan Sejumlah Syarat

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement