Ahad 05 Sep 2021 06:45 WIB

Islamnya Orang Yahudi Setelah Bertemu Rasulullah

Dia adalah Abdullah bin Salam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Islamnya Orang Yahudi Setelah Bertemu Rasulullah
Foto:

Mereka menjawab, "Dia adalah orang yang terpandang di antara kami dan anak orang yang terpandang di antara kami, orang yang paling baik di antara kami dan anak orang yang paling baik di antara kami; orang yang paling tahu di antara kami; dan anak orang yang paling tahu di antara kami." 

Lantas Rasulullah berkata, "Bagaimana kalau dia sudah masuk dalam agama Islam," mereka menjawab, "Semoga hal itu tidak terjadi." Lantas Rasulullah membuka pintu tempat persembunyian Abdullah dan ia pun berkata, "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan-Nya."

Mereka (orang Yahudi) langsung berdiri dan meremas bajunya seraya berkata, "Dia adalah orang yang paling buruk di antara kami dan anak orang yang paling buruk di antara kami. Dia adalah orang terjelek di antara kami dan anak orang terjelek di antara-kami. Dia adalah orang yang paling keji di antara kami dan anak orang yang paling keji di antara kami." (HR Bukhari dan Ahmad). 

Dari peristiwa di atas Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan ayat, "Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, bagaimanakah pendapatmu Jika Alquran itu datang dari sisi Allah, padahal kamu mengingkarinya dan seorang saksi dari bani Israil mengakui (kebenaran) yang serupa dengan (yang disebut dalam) Alquran lalu dia beriman, sedang kamu menyombongkan diri. Sesungguhnya Allah tiada memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (Al-Ahqaf ayat 10) 

Menurut pendapat sebagaian mufassir, seorang saksi itu adalah Abdullah bin Salam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement