Kamis 02 Sep 2021 16:37 WIB

Sholat Istikharah, Kapan Waktu Dilarang dan Waktu Utama? 

Terdapat waktu-waktu yang tidak dianjurkan sholat istikharah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat waktu-waktu yang tidak dianjurkan sholat istikharah. Ilustrasi sholat istikharah
Foto:

Saat matahari berada di pertengahan langit, maka janganlah kamu sholat, karena pada waktu itu api neraka sedang dinyalahkan hingga bayangan kembali muncul. Dan apabila bayangan sudah kembali maka sholatlah kamu, karena sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri (oleh para malaikat) hingga matahari turun untuk terbenam. Ketika matahari hari hendak terbenam, maka janganlah kamu sholat hingga benar-benar terbenam, Karena matahari terbenam diantara dua tanduk setan dan pada waktu itulah orang-orang kafir beribadah.” 

Hikmah dari larangan melaksanakan sholat di waktu tersebut adalah menghindari meniru perbuatan orang musyrik yang bersujud ke matahari ketika terbit dengan penuh kegembiraan. Dan mereka orang musyrik itu sujud ke matahari ketika terbenam.  

Nabi ﷺ berkeinginan menutup setiap pintu yang mengarah pada kemusyrikan atau yang menyerupai perbuatan orang musyrik. Dan larangan sholat ketika matahari berada di tengah hingga hilang karena itu masa menyalanya api neraka pada waktu tersebut.  

Sedang waktu terbaik sholat istikharah adalah sepertiga malam terakhir dan sebelum sholat subuh. Seperti diriwayatkan Abu Hurairah. Rasulullah ﷺ bersabda: 

«يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ»

 

“Allah menurunkan keberkahan setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku pada sepertiga malam, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku pada sepertiga malam, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku pada sepertiga malam maka akan Aku ampuni.”        

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement