Selasa 31 Aug 2021 17:37 WIB

Banding Ditolak, Kuasa Hukum HRS: Insya Allah Kasasi

"Putusan banding dzalim, kita wajib kasasi ke MA," kata Aziz Yanuar.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Terdakwa Rizieq Shihab memasuki gedung Bareskrim Polri usai menjalani sidang tuntutan di Jakarta, Kamis (3/6/2021). Pada sidang tersebut JPU menuntut Rizieq Shihab pidana penjara selama enam tahun untuk kasus tes usap RS UMMI, Bogor.
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Terdakwa Rizieq Shihab memasuki gedung Bareskrim Polri usai menjalani sidang tuntutan di Jakarta, Kamis (3/6/2021). Pada sidang tersebut JPU menuntut Rizieq Shihab pidana penjara selama enam tahun untuk kasus tes usap RS UMMI, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah bandingnya ditolak Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta Habib Rizieq Shihab (HRS) akan mengajukan kasasi atas kasus atas kasus swab test di Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat. Dalam perkara ini petinggi eks Front Pembela Islam (FPI) divonis 4 tahun kurungan penjara.

Namun untuk saat ini, kata Aziz, pihaknya masih menunggu relaas putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Kemudian jika relaasnya sudah ada akan didiskusikan para terdakwa termasuk HRS dan tim kuasa hukum baru setelah itu diputuskan.

Baca Juga

"Tapi saya pribadi insha Allah kasasi. Putusan banding dzalim, kita wajib kasasi ke MA, untuk lawan kedzaliman dan tegakkan keadilan," ujar Aziz Yanuar saat dikonfirmasi, Selasa (31/8).

Lanjut Aziz, kemungkinan pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) pekan depan. Ia juga memastikan HRS sudah memberikan arahan terkait langkah hukum ke depan pasca penolakan banding. Disamping itu, HRS juga sudah memberikan arahan terkait langkah hukum selanjutnya, yaitu setuju dengan tim kuasa hukum.

"Meski esok kiamat, hari ini kita akan dan selalu akan berjuang untuk keadilan perjuangan milik kita," tegas Aziz.

In Picture: Ketatnya Pengamanan Sidang Putusan Banding Habib Rizieq

photo
Polisi menata barikade kawat berduri dalam pengamanan sidang putusan banding Rizieq Shihab terkait perkara tes swab RS Ummi Bogor di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jakarta, Senin (30/8/2021). Majelis Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak permohonan banding Rizieq Shihab dkk dan tetap divonis empat tahun penjara. - (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

 

Hasil dari sidang pada Senin (30/8), tidak hanya terhadap HRS Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jaktim atas nama terdakwa Hanif Alatas yang divonis satu tahun penjara terkait perkara hasil tes swab Covid-19 RS Ummi, Bogor. "Semuanya dikuatkan," kata Pamapo menambahkan.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Muhammad Rizieq Shihab dengan hukuman empat penjara atas perkara hasil tes swab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Dalam kasus ini, Majelis Hakim menilai HRS terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar sebagaimana dakwaan pertama Pasal 14 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana tentang penyebaraan berita bohong yang timbulkan keonaran.

Namun vonis yang dijatuhkan lebih ringan dibanding tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman enam tahun penjara atas perkara penyebaran berita bohong hasil swab test covid-19 di Rumah Sakit Ummi Kota Bogor. Kemudian untuk terdakwa Hanif Alatas divonis satu tahun penjara terkait perkara hasil tes swab Covid-19 RS Ummi, Bogor.

Terdakwa Hanif, terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana tentang penyebaraan berita bohong yang timbulkan keonaran.

photo
Habib Rizieq telah tiga kali menjadi tersangka sejak kembali ke Indonesia - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement