Jumat 27 Aug 2021 05:50 WIB

Saat Umar Bin Abdul Aziz 'Titipkan' Anaknya kepada Allah SWT

Umar bin Abdul Aziz tidak meninggalkan harta untuk anak-anaknya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Umar bin Abdul Aziz tidak meninggalkan harta untuk anak-anaknya. Ilustrasi harta warisan.
Foto: Pixabay
Umar bin Abdul Aziz tidak meninggalkan harta untuk anak-anaknya. Ilustrasi harta warisan.

REPUBLIKA.CO.ID, – Umar bin Abdul Aziz Rahimahullah merupakan khalifah yang berkuasa selama dua hingga tiga tahun pada 717 hingga 720. Gaya hidupnya begitu sederhana meski beliau merupakan pemimpin, dan apa wasiat yang disampaikan olehnya kepada anak-anaknya sebelum wafat?

Dikutip dari laman Alukah pada Kamis (26/8), sebagaimana dinukilkan dari Al-Bidayah wa an-Nihayah karangan Ibnu Katsir, nasihat yang dia sampaikan kepada anak-anaknya jauh lebih berharga dari harta duniawi. Beliau ingin anak-anaknya agar dapat menjadi orang saleh agar dilindungi Allah SWT.

Baca Juga

Ketika kematian mendekati Umar bin Abdul Aziz, maka dikatakan kepadanya, Ini adalah dua belas anak-anakmu. Mengapa engkau tinggalkan anak-anakmu dalam kondisi tidak memiliki? Dia berkata: 

إِنَّ وَلِيِّيَ اللَّهُ الَّذِي نَزَّلَ الْكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّالِحِينَ 'Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Alquran). Dia melindungi orang-orang saleh' (QS Al Araf ayat 196).

"Demi Allah, saya tidak memberikan hak orang lain kepada mereka! Mereka boleh memilih salah satu di antara dua yaitu tetap menjadi orang yang saleh, dan Allah niscaya akan melindungi mereka. Atau menjadi orang-orang yang tidak saleh, dan saya takkan meninggalkan sesuatu pun yang akan membantu mereka berbuat maksiat kepada Allah?” Lantas aku menjadi mitra mereka berbuat maksiat setelah kematianku? Tidak akan aku lakukan itu. 

Baca juga : Anies Baswedan akan Resmikan Pembangunan Masjid At-Tabayyun

Beberapa waktu kemudian, Umar bin Abdul Aziz pun memanggil anak-anaknya, berpamitan, menguatkan dan berwasiat kepada mereka dengan pesan ini. Lalu Umar bin Abdul Aziz berkata, “Pergilah semoga kalian dilindungi Allah, dan semoga Allah memberikan pengganti kepada kalian.”

Dikisahkan, setelah kematian Umar bin Abdul Aziz, anak-anaknya terlihat menghibahkan 80 kuda untuk kepentingan jihad. Berbeda dengan anak-anak Sulaiman bin Abdul Malik, yang meski diwarisi hartabanyak, tetapi tetap saja meminta-minta ke anak-anak Umar bin Abdul Aziz.

Hal ini karena Umar bin Abdul Aziz menitipkan anaknya kepada Allah SWT, sementara Sulaiman dan lainnya menitipkan anak-anak mereka kepada harta fana yang mereka tinggalkan. Sirnalah harta itu bersama nafsu dan syahwat duniawi anak-anaknya.

 

Sumber: alukah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement