Jumat 27 Aug 2021 05:25 WIB

Kumpulan Hadits Pilihan dalam Kitab At Targib Wat Tarhib

Kitab At Targhib Wat Tarhib diawali dengan sebuah hadits yang berisi motivasi bagi se

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Hadist
Foto: MGROL100
Ilustrasi Hadist

IHRAM.CO.ID, Kitab At Targhib Wat Tarhib merupakan salah satu kitab turats yang merangkum sejumlah hadits-hadits penting dari sejumlah kitab. Kitab ini disusun oleh Zakiyyuddin Abdul ‘Adhim bin Abdul-Qawiy bin Abdullah bin Salamah Abu Muhammad Al-Mundziri, atau lebih dikenal dengan Al Mundziri adalah seorang hafidh besar, yang berasal dari Damaskus, tetapi dilahirkan dan wafat di Mesir. Ia dilahirkan pada tahun 581 H (1185/1186 M)

Kitab ini mengambil hadits dan keterangannya dari sejumlah kitab lain seperti kitab Kasyfil Ghummah, Ihya Ulumuddin dan lainnya. Pada kitab ini dilengkapi dengan petunjuk siapa perawi haditsnya. Selain itu dituliskan pula dari kitab mana hadits itu diambil.

Untuk memudahkan orang yang mempelajarinya, penyusun kitab ini juga mencantumkan keterangan makna dari sejumlah kata yang dirasa asing oleh pembacanya sehingga pembaca dapat mengetahui maksud dari kata tersebut.  

Kitab At Targhib Wat Tarhib diawali dengan sebuah hadits yang berisi motivasi bagi seorang muslim untuk mencari ilmh dan menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan orang yang belajar.

 

Sebab itu kitab ini sangat populer bagi orang-orang yang baru mempelajari hadits terutama yang ingin menghafalnya. Sebab hadits-hadits yang diambil tidak terlalu panjang sehingga lebih mudah dihafalkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement