Kamis 26 Aug 2021 17:18 WIB

Bentangan Sayap Malaikat untuk Para Pencari Ilmu 

Malaikat memberikan restu dan doa bagi para pencari ilmu

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat memberikan restu dan doa bagi para pencari ilmu. Ilustrasi pencari ilmu
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Malaikat memberikan restu dan doa bagi para pencari ilmu. Ilustrasi pencari ilmu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang yang menuntut ilmu akan senantiasa dijaga Allah SWT. Terlebih ilmu yang dipelajarinya itu semakin mendekatkan dirinya pada Allah dan menambah kecintaan kepada Rasulullah SAW. 

Allah SWT akan menjamin keamanan, keselamatan lahir batin orang-orang yang menuntut ilmu. Dengan mengirimkan malaikat-malaikat yang menjaganya setiap waktu. 

Baca Juga

Sebagaimana dalam kitab Targib Wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Asakir:  

طَالِبُ الْعِلْمِ تَبْسُطُ لَهُ الْمَلَائِكَةُ أَجْنِحَتَهَارِضًابِمَايَطْلُبُ “Terhadap Orang yang menuntut ilmu malaikat membentangkan sayapnya (menaungi), karena malaikat rela dengan ilmu yang dicari orang tersebut.  

 

Hadits tersebut dapat menjadi penguat bagi para orang tua yang baru saja memulai menyekolahkan anaknya di lembaga-lembaga pendidikan Islam atau pun memondokannya di Pondok Pesantren. Orang tua tidak perlu terlalu khawatir akan segala sesuatunya sebab Allah menjamin akan menjaga orang yang menuntut ilmu.  

Sementara bagi para penuntut ilmu maka perlu mengawali niatnya dalam mencari ilmu adalah semata-mata karrna Alla menjalankan perintahnya. 

Selain itu berniat untuk membuang kebodohan diri dan menggantinya dengan ilmu sehingga meraih keselamatan dunia dan akhirat. Selain itu berniat dalam menuntut ilmu adalah untuk menghidupkan agama yang dibawa Rasulullah. 

Dalam arti untuk menerangkan kepada orang-orang yang belum mengerti sehingga tercerahkan. Selain itu berniat dengan ilmu yang telah diperoleh untuk bisa diamalkan utamanya oleh diri sendiri dan dapat diamalkan orang lainnya.   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement