Kamis 26 Aug 2021 05:55 WIB

Jumlah 19 Malaikat Penjaga Neraka yang Melalaikan Kafir  

Orang kafir tertipu dengan jumlah sedikit malaikat penjaga neraka

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Orang kafir tertipu dengan jumlah sedikit malaikat penjaga neraka. Ilustrasi Neraka
Foto: Pixabay
Orang kafir tertipu dengan jumlah sedikit malaikat penjaga neraka. Ilustrasi Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Neraka dijaga para malaikat yang digambarkan bertubuh sangat besar dan memiliki kekuatan yang sangat kuat. 

Mereka tidak pernah mendurhakai Allah dan selalu melaksanakan apa yang Allah SWT perintahkan. Hal tersebut tercantum dalam firman Allah dalam surat At Tahrim ayat 6:

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

 

Prof Dr Umar Sulaiman Al Asyqar mengatakan dalam bukunya Surga dan Neraka menurut Alquran dan as-Sunnah, jumlah para penjaga itu ada 19 malaikat, seperti yang disebutkan dalam surat Al Muddatsir ayat 30:

عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَۗ “Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).”

Kemudian orang-orang yang tidak beriman akan tertipu pada jumlah malaikat penjaga neraka hingga mereka mengira bisa mengalahkannya. Mereka tidak menyadari satu di antara para malaikat penjaga memiliki kekuatan yang bisa menandingi seluruh umat manusia. Allah SWT berfirman dalam surat Al Muddatsir ayat 31:

وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ “Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk menjadi cobaan bagi orang-orang kafir.”

Ibnu Rajab mengatakan dalam At-Takhwif Min An-Nar, pendapat yang masyhur di kalangan salaf maupun khalaf adalah fitnah (cobaan) bersumber dari disebutnya jumlah para penjaga malaikat yang membuat orang-orang tak beriman tertipu dengan sedikit jumlah.

Mereka menyangka dapat mengalahkan para malaikat dengan melawannya padahal tidak tahu setiap malaikat memiliki kekuatan yang tidak dapat dilawan oleh seluruh manusia. Para malaikat inilah yang disebut sebagai khazanat Jahanam atau para penjaga neraka Jahanam. Allah berfirman dalam surat Al Mu’min ayat 49:

وَقَالَ الَّذِيْنَ فِى النَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ادْعُوْا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِّنَ الْعَذَابِ “Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahanam, “Mohonkanlah kepada Tuhanmu agar Dia meringankan azab atas kami sehari saja.” 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement