Kamis 26 Aug 2021 05:25 WIB

Rasulullah Meluluhkan Hati Abu Al-Walid dengan Ayat Alquran

Abu al-Walid terpukau dengan ayat Alquran.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Rasulullah Meluluhkan Hati Abu al-Walid dengan Ayat Alquran
Foto:

Mendengar al-Walid, Rasulullah bertanya, “Apakah sudah selesai Abu al-Walid?” Dia segera menjawab iya. Setelah itu, Rasulullah membacakan ayat 1-3 surat Fushilat:

حٰمۤ ۚ

تَنْزِيْلٌ مِّنَ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۚ

كِتٰبٌ فُصِّلَتْ اٰيٰتُهٗ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لِّقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَۙ

"Ha Mim. (Alquran ini) diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan, bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui,”

Ketika mendengar bacaan itu, Abu al-Walid diam dan menyimaknya dengan baik. Saat Rasulullah membacanya sampai pada ayat sajadah, dia sujud lalu berkata, “Engkau telah mendengarnya wahai Abu al-Walid.”

Abu al-Walid segera beranjak pergi dan kembali kepada teman-temannya. Ketika dia duduk bersama, teman-temannya menanyakan mengapa ekspresinya berbeda saat dia berangkat mendekati Rasulullah. Abu al-Walid menjawabnya, “Aku mendengar sebuah ucapan yang demi Tuhan tiada pernah kudengar sepertinya. Kata-kata yang bukan syair, bukan sihir, dan bukan pula mantra. Wahai kaum Quraisy, dengarkan aku! Biarkanlah lelaki itu melakukan apa yang dia lakukan dan jangan dekati dia. Kata-katanya yang kudengar sungguh membawa berita. Jika bangsa Arab melukainya, maka bangsa lain akan menyerang kalian. Jika ia mampu menguasai bangsa Arab, meka kerajaannya adalah kerajaan kalian dan kemuliaannya adalah kemuliaan kalian pula. Kalian akan menjadi manusia yang paling bahagia dengannya.

 

Mendengar jawaban itu, teman-temannya mengatakan, “Muhammad telah menyihirmu dengan kata-katanya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement