Ahad 15 Aug 2021 09:21 WIB

Jangan Berbuat Zalim Meski Pada Nonmuslim

Islam telah memberikan peringatan keras bagi setiap Muslim agar jangan berbuat zalim

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Kezaliman
Foto: infografis republika
Kezaliman

REPUBLIKA.CO.ID, Islam telah memberikan peringatan keras bagi setiap Muslim agar jangan sampai sekali-kali berbuat zalim kepada seseorang. Sebab selain karena hal itu merupakan perbuatan dosa, doa orang yang dizalimi pun sangat mustajab. Bahkan sekali pun orang yang dizalimi itu adalah seorang non Muslim.

Jika orang yang dizalimi itu berdoa dan mengeluarkan sumpahnya untuk orang yang menzaliminya, kemudian doa orang yang terzalimi itu dikabulkan Allah, maka orang yang menzalimi tengah dalam kecelakaan.

Sebagaimana wasiat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan redaksinya pada kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

وَإِيَّاكَ وَدَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ فَإِنَّ اللهَ يَسْتَجِيْبُ لَهُ وَإِنْ كَانَ كَافِرًا فَعَلَيْهِ كُفْرُهُ

 

Dan hati-hati engkau didoakan orang yang dizalimi. Karena sesungguhnya Allah akan mengabulkan doanya orang yang terzalimi. (Meski pun orang itu kafir jangan dizalimi ) karena perkara kafir itu kembali menjadi tanggungannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement