Jumat 13 Aug 2021 15:12 WIB

3 Perempuan Durhaka yang Diabadikan dalam Alquran  

Alquran mengabadikan perempuan-perempuan durhaka kepada Allah SWT

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan perempuan-perempuan durhaka kepada Allah SW. Surat Al Lahab
Foto:

2. Istri Nabi Luth 

Perempuan durhaka kedua yang diabadikan dalam Alquran adalah istri Nabi Luth. Sebagaimana istri Nabi Nuh, istri Luth juga dijadikan sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Dia tidak percaya terhadap pesan-pesan kebenaran yang disampaikan Nabi Luth. 

Karena itu, istri Nabi Luth akhirnya ditimpa azab yang sama seperti umat Nabi Luth yang lain. Allah SWT berfiman:  

قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ

"Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Lut! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?” (QS Hud 81). 

Dalam ayat-ayat lain disebutkan bahwa keluarga Nabi Luth diselamatkan dari siksaan Allah di dunia ini.  Karena, Allah telah menjamin keselamatan Nabu Luth dan keluarganya, kecuali istrinya yang durhaka. Allah SWT berfirman:  

فَاَنْجَيْنٰهُ وَاَهْلَهٗٓ اِلَّا امْرَاَتَهٗ قَدَّرْنٰهَا مِنَ الْغٰبِرِيْنَ "Maka Kami selamatkan dia dan keluarganya, kecuali istrinya. Kami telah menentukan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)." (QS An Naml 57). Dalam surat Al Hijr ayat 60, Allah juga berfirman:  

اِلَّا امْرَاَتَهٗ قَدَّرْنَآ اِنَّهَا لَمِنَ الْغٰبِرِيْنَ "...kecuali istrinya, kami telah menentukan, bahwa dia termasuk orang yang tertinggal (bersama orang kafir lainnya).”(QS Al Hijr ayat 60). 

Hal senada juga difirmankan Allah dalam surat Al Araf 83, surat Al Ankabut 22 dan ayat 33, serta dalam surat Asy Syuara 171 dan surat As Saffat 135.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement