Selasa 10 Aug 2021 18:28 WIB

Mengapa Allah SWT Jadikan Alquran Mukjizat Terbesar Nabi?

Allah SWT menjadikan Alquran sebagai mukjizat agung sepanjang sejarah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT menjadikan Alquran sebagai mukjizat agung sepanjang sejarah. Ilustrasi Alquran
Foto: republika
Allah SWT menjadikan Alquran sebagai mukjizat agung sepanjang sejarah. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran merupakan mukjizat agung sepanjang masa yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Allah ﷻ telah menyatakan akan menjaga Alquran.

Dikutip dari laman Alukah pada Selasa (10/8), Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya (QS Al Hijr 9).

لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ ۖ تَنْزِيلٌ مِنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ “(yang) tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana, Mahaterpuji. (QS Fussilat 42).

 

Syekh Abdur Razaq dalam kitab tafsirnya, mengutip pendapat dari Qatadah dan Tsabit Al Banani:

حفظه الله تعالى من أن تزيد الشياطين فيه باطلًا أو: أن تنقص منه حقًا "Allah SWT melindungi Alquran dari setan yang menambah kebatilan atau: menguranginya dari kebenaran." Dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

مَا مِنْ الْأَنْبِيَاءِ نَبِيٌّ إِلَّا أُعْطِيَ مِنْ الْآيَاتِ مَا مِثْلُهُ أُومِنَ أَوْ آمَنَ عَلَيْهِ الْبَشَرُ وَإِنَّمَا كَانَ الَّذِي أُوتِيتُ وَحْيًا أَوْحَاهُ اللَّهُ إِلَيَّ فَأَرْجُو أَنِّي أَكْثَرُهُمْ تَابِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Tidak seorang nabi pun kecuali dia diberi beberapa mukjizat yang tak bisa diserupai oleh apapun sehingga manusia mengimaninya atau dengan redaksi 'sehingga manusia dijadikan beriman', namun yang diberikan kepadaku hanyalah berupa wahyu yang Allah wahyukan kepadaku, maka aku berharap menjadi manusia yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat." (HR Bukhari). 

Alquran merupakan mukjizat terbesar, yang menjadi bukti abadi pada zamannya, setelahnya, hingga hari kebangkitan. Ini merupakan kitab yang tidak ada habisnya, keajaibannya, dan manfaatnya tidak akan berakhir. Kitab suci yang dipelihara Allah ﷻ dari perubahan dan distorsi.

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fath Al Bari, mengatakan yang dimaksud adalah, Alquran mukjizat teragung yang hanya diperuntukkan untuk Rasulullah, setiap nabi akan diberikan mukjizat khusus dan dia jadikan tantangan untuk kaumnya. Mukjziat ini hanya spesifik untuk kaumnya saja.

Seperti mujizat tongkat Nabi Musa karena maraknya tukang sihir pada era firaun, kemampuan mukjizat Nabi Isa menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak karena pada masa itu banyak dokter.

Di masa Nabi Muhammad SAW bertebaran para pujangga dan penyair di kalangan Arab, maka mukjizat pun diturunkan berupa Alquran yang indah dari semua aspek bahasanya, mereka pun tak mampu menjawab tantangan membuat mirip dengan Alquran.  

Sumber: alukah  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement