Ahad 08 Aug 2021 05:59 WIB

Ciri-Ciri Fisik Cucu Rasulullah, Hasan dan Husain

Ciri-ciri fisik mereka berdua begitu mirip dengan ciri fisik Rasulullah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ciri-Ciri Fisik Cucu Rasulullah, Hasan dan Husain
Foto: MgIt03
Ciri-Ciri Fisik Cucu Rasulullah, Hasan dan Husain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cucu Rasulullah, al-Hasan dan al Husain, merupakan pemimpin yang disebut memiliki wajah yang tampan. Seperti apakah ciri-ciri fisik keduanya?

Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, al-Hasan memiliki kulit putih kemerahan dan iris matanya berwana hitam pekat. Pipinya yang halus dibalut jenggot tebal dan ditopang leher seperti pedang perak yang berkilau.

Baca Juga

Struktur tulangnya yang besar ikut membentuk bahunya yang lebar. Tingginya sedang, tidak jangkung dan tidak pula pendek. Wajahnya begitu tampan, rambutnya ikal, dan posturnya tegap (Siyar A'lamin Nubala).

Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu menuturkan: "Tidak ada yang begitu mirip dengan Nabi melebihi al-Hasan dan Ali," (Sahih Bukhari).

Al-Husain pun tidak jauh berbeda dari saudaranya. Dia seorang pemimpin yang pemberani lagi murah hati dan mulia. Ketaatannya kepada Allah membuat ketampanan wajahnya semakin rupawan.

Ia juga mirip kakeknya, Rasulullah. Ibnu Abbas menuturkan: "Sungguh, dahulu kami menyamakan al-Husain dengan Nabi." (At-Tarikh al-Kabir).

Ubaidullah bin Abu Yazid mengatakan: "Aku pernah melihat al-Husain bin Ali, kuamati dia, rambut dan jenggotnya hitam, kecuali beberapa helai di bagian depan jenggotnya."

Hal serupa disampaikan oleh Umar bin Atha: "Aku melihat al-Husain mengecat rambut dan jenggotnya dengan wasmah (tanaman pewarna). Rambut dan jenggotnya pun terlihat sangat hitam." (Siyar A'lamin Nubala).

Tentang rambutnya, as-Suddi menuturkan: "Aku pernah melihat al-Husain; rambutnya sebahu dan terjuntai dari bawah serbannya" (Siyar A'lamin Nubala).

Salah satu karunia yang Allah berikan kepada al-Hasan dan al-Husain ialah keduanya sama-sama mirip Nabi Muhammad SAW. Ciri-ciri fisik mereka berdua begitu mirip dengan ciri fisik Rasulullah.

Kemiripan mereka ini seperti dituturkan sang ayah, Ali bin Abu Thalib: "Al-Hasan sangat mirip dengan Rasulullah. Bisa dikatakan, setengah ciri-ciri fisik beliau dari ujung rambut hingga pusar ada padanya. Al-Husain pun begitu, dia sangat mirip dengan Rasulullah. Dia melengkapi setengah ciri-ciri beliau lainnya, dari ujung kaki hingga pusar. Dengan kata lain, keduanya saling berbagi kemiripan dengan beliau." (Tarikh Dimasyq).

Muhammad bin adh-Dhahhak al-Hizami mengatakan: "Al-Hasan, wajahnya mirip wajah Rasulullah, sedangkan al-Husain, perawakannya mirip perawakan Rasulullah." (Tarikh Dimasyq).

Sekali lagi, kemiripan al-Hasan dan al-Husain dengan Rasulullah, baik dari segi fisik maupun akhlak merupakan berkah Allah kepada keduanya. Terkait hal ini, terdapat hadits yang diriwayatkan oleh al-Hasan dari kakeknya, Nabi, bahwa beliau bersabda:

"Tidaklah Allah memperindah fisik dan akhlak seorang hamba, melainkan dia malu apabila neraka sampai melahap daging hamba itu." (Tarikh Dimasyq).

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement