Rabu 04 Aug 2021 05:45 WIB

Berapa Lama Waktu Nifas Jika Melahirkan Secara Caesar?

Ulama-ulama berbeda pandangan tentang lama waktu nifas ini.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berapa Lama Waktu Nifas Jika Melahirkan Secara Caesar?
Foto:

Sementara, Imam Ahmad bin Hanbal menyampaikan tidak ada batasan lama waktu nifas. Ketika darah nifas berhenti dalam waktu-waktu nifas, maka saat itu yang bersangkutan dalam kondisi suci. Memang ulama-ulama berbeda pandangan tentang lama waktu nifas ini.

"Artinya, perempuan yang melahirkan secara normal umumnya (lama waktu nifas) 40 hari, tapi (perempuan) di berbagai daerah bisa jadi berbeda waktu lama nifasnya," ujar Kiai Mahbub.

Kiai Mahbub menegaskan meski pendapat sebagian besar ulama lama waktu nifas umumnya 40 hari, tapi bisa jadi ada yang kurang dari 40 hari telah selesai nifasnya. Perempuan yang melahirkan secara caesar, bisa jadi lama waktu nifasnya lebih cepat atau tidak sampai 40 hari.

Sehubungan dengan itu, ia menyarankan, untuk saat ini perempuan bisa memantau atau merasakan sendiri apakah nifasnya sudah selesai atau belum, sambil konsultasi ke dokter untuk meyakinkan. Sebab, menurut Kiai Mahbub, kalau dirasakan nifas sudah selesai sebelum 40 hari, maka tidak perlu menunggu sampai 40 hari.

"Mengenai ulama dulu yang berbeda-beda pandangan tentang lama waktu nifas perempuan, karena situasinya berbeda, cuacanya berbeda, makanannya berbeda, geografisnya (tempat perempuan tinggal) berbeda," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement