Ahad 01 Aug 2021 22:03 WIB

Perebutan Pengaruh Setan dan Malaikat terhadap Manusia   

Setan melakukan berbagai upaya sesatkan umat manusia

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Setan melakukan berbagai upaya sesatkan umat manusia. Berdoa dari godaan setan(Ilustrasi)
Foto:

Namun kata Buya Hamka ini dibantah keras oleh Alquran. Maka tidaklah pantas makhluk ghaib itu ditentukan kelamin jantan atau betinanya.

Tersebut pula bahwa malaikat yang datang membawa wahyu kepada Rasul-rasul itu namanya Jibril, dan disebut juga Ruhul Amin, dan disebut juga Ruhul Qudus. Tetapi manusia yang beriman dan istiqamah (tetap hati) di dalam iman kepada Allah, juga akan didatangi malaikat-malaikat, untuk menghilangkan rasa takut dan duka cita mereka. 

"Dan di dalam peperangan Badar malaikat itu pun datang, sampai 3,000 banyaknya Seperti itulah yang tersebut dalam Alquran," katanya. 

Dan dijelaskan pula oleh hadits-hadits bahwa Malaikat-malaikat itu memberikan ilham yang baik kepada manusia, dan menimbulkan keteguhan semangat dan iman. Sebagai juga tersebut di dalam Hadis bahkan di dalam Alquran sendiri bahwa setan, sebaliknya dari malaikat, selalu membawa ilham buruk dan waswas kepada manusia.  

"Tetapi ketika orang diberi ilham baik oleh malaikat atau was-was buruk oleh setan maka yang menerima ilham atau was-was itu bukanlah badan kasar, melainkan ruh manusia," katanya. 

Tidaklah ada orang menampak dengan matanya seketika malaikat atau setan datang memberinya ilham atau was-was melainkan masuk pengaruhnya ke dalam jiwa atau perasaan orang itu. Ini dikuatkan oleh sebuah hadits yang dirawikan  Tirmidzi, An Nasa'i, dan lbnu Hibban, demikian bunyinya:

إن للشَّيطانِ للمَّةً بابنِ آدمَ ، ولِلمَلك لَمَّةٌ ، فأمَّا لمَّةُ الشَّيطانِ فإيعادٌ بالشَّرِّ وتَكْذيبٌ بالحقِّ ، وأمَّا لمَّةُ الملَكِ فإيعادٌ بالخيرِ وتصديقٌ بالحقِّ . فمَن وجدَ ذلِكَ فليعلم أنَّهُ منَ اللَّهِ ، فليحمَدِ اللَّهَ ، ومن وجدَ الأخرى فليتعوَّذ منَ الشَّيطانِ . ثمَّ قرأَ : الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا الآيةَ

"Sesungguhnya dari setan ada semacam gangguan kepada anak Adam, dan dari Malaikat pun ada pula. Adapun gangguan setan ialah menjanjikan kejahatan dan mendustakan kebenaran, dan sentuhan malaikat ialah menjanjikan kebaikan dan menerima kebenaran. Maka siapa yang merasai yang demikian, hendaklah dia mengetahui bahwa prkara itu dari Allah, dan berterimaksih lah dia kepada-Nya. Tetapi kalau didapatnya lain, hendaklah dia berlindung kepada Allah dari setan. 

 

 (Kemudian dibacanya ayat yang artinya: "Setan menyuruh menjanjikan melarat untukmu dan menyuruhmu berbuat yang keji-keji."). Tirmidzi mengatakan Hadis ini hasan gharib.        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement