Ahad 01 Aug 2021 13:36 WIB

Surat Alquran Terpanjang dan Terpendek, Ini Penjelasannya

Pembagian surat Alquran dalam Ath Thiwal hingga Al Mufasshal

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Pembagian surat Alquran dalam Ath Thiwal hingga Al Mufasshal. Alquran (ilustrasi)
Foto:

Disebutkan juga bahwa Al Matsani adalah surat yang ayatnya kurang dari seratus. Karena Al Matsani diulang-ulang maksudnya lebih banyak di baca dari pada surat-surat yang panjang (Assab'a) dan surat-surat yang ayat ayatnya seratusan lebih (al Miiin).

Dan adapun surat Mufasshal adalah istilah untuk menyebut surat-surat  yang dimulai surat Qaf sampai akhir mushaf Alquran yaitu Al Ikhlas, Al Alaq, dan An Nas.  

Disebutkan juga surat Mufasshal awalnya surat Al Hujurat, dan dinamakan dengan Mufasshal karena banyak pemisah di antara surat-suratnya dengan basmalah. 

Dan dikatakan pula karena ada beberapa salinannya dan itu sebabnya dinamakan juga Al Muhkam (yang jelas atau pasti), seperti hadits riwayat Bukhari dari Said bin Jabir. Rasulullah bersabda:

إن الذي تدعونه المفصل هو المحكم "Sesungguhnya yang disebut dengan Al Mufasshal itu adalah Al Muhkam.” 

Dan surat Mufasshal itu dibagi tiga nama, panjang, sedang atau pertengahan, dan pendek. Maka yang dinamakan surat Mufasshal yang panjang itu adalah dari awal surat Al Hujurat sampai surat Al Buruj. 

Dan yang dinamakan surat Mufasshal pertengahan adalah dari surat Ath Thariq sampai surat Al Bayyinah. Sedang yang disebut surat Mufasshal yang pendek adalah surat dari mulai Al Zalzalah hingga akhir surat Alquran (An nas).  

Lalu ada juga yang dinamai dengan Al Hawamiim dan yaitu surat yang dimulai dengan huruf Haa Miim.   

Sumber: alukah 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement