Senin 26 Jul 2021 14:38 WIB

Hukum Membaca Alquran tanpa Berwudhu

Berwudhu adalah salah satu adab dalam membaca Alquran dengan mushaf.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Hukum Membaca Alquran tanpa Berwudhu
Foto:

Untuk diketahui, berwudhu adalah salah satu adab dalam membaca Alquran dengan mushaf. Ini didasarkan pada pendapat Abu Ya'la Kurnaedi dalam bukunya berjudul Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i.

"Hukumnya mustahab (disukai) bagi qari Alquran untuk berwudhu sebelum memulai qiraah (membaca) dengan mushaf (bukan dengan hafalan). Bahkan, ada yang berpendapat wudhu wajib atasnya," demikian penjelasan Abu Ya'la.

Dalam membaca Alquran pun sebaiknya dilakukan dengan cara duduk, berpakaian yang baik, menghadap kiblat, dan berada di tempat terhormat yang layak dengan keagungan Kitab-Nya. Selain itu, seorang Muslim membaca Alquran dengan tunduk, khusyu, perlahan, diiringi tadabur dan tafakur pada ayat-ayatnya. Sedangkan hati dan inderanya tertuju pada apa yang dibaca dan tidak memotongnya dengan perkataan manusia.

Ustadz Isnan Anshory dalam Wudhu Rasulullah SAW Menurut Empat Madzhab memaparkan para ulama sepakat berwudhu sebelum belajar ilmu-ilmu agama, seperti kitab tafsir, hadits, aqidah, fiqih dan lainnya, hukumnya sunnah. Namun, jika di dalamnya lebih dominan terdapat ayat Alquran, maka hukumnya menjadi wajib menurut jumhur ulama.

photo
Waktu terbaik membaca Alquran (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement