Senin 26 Jul 2021 13:01 WIB

Dokter Wanita Muslim Bersejarah di Masa Nabi Muhammad

Dokter wanita Muslim ikut merawat korban perang di masa Nabi Muhammad.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Dokter Wanita Muslim Bersejarah di Masa Nabi Muhammad
Foto:

4. Nusaybah bint Ka'ab al Maziniyyat (Om Omara)

Sebagai salah satu wanita yang memeluk Islam di periode awal, dia kerap menghadiri berbagai acara keagamaan. Bahkan, dirinya juga melakukan perjalanan dari Madinah ke Mekah untuk bertemu nabi (SAW) sebelum Hijrah. Dia adalah wanita pertama yang berjanji kepada Nabi SAW untuk mendukungnya ketika dia akan berimigrasi ke Madinah. 

Semasa hidupnya, dia kerap mendukung dan merawat orang yang terluka karena perang dan konflik. Dikatakan, dia juga merupakan pejuang yang kuat, hal itu diketahui saat dia bergabung dalam pertempuran melawan Mosailimah (selama khalifah pertama – Abu Bakar), hingga lengannya harus diamputasi karena luka parah selama perang. Menariknya, dia merawat dirinya sendiri ketika dia kembali ke Madinah.

5. Om Sinan Al-Islamiyyah

Om Sinan adalah salah satu sahabat yang meminta izin kepada Nabi (SAW) untuk pergi ke medan perang dan membantu para prajurit yang terluka dan memberikan air kepada mereka yang kehausan. Selain mengobati dan merawat para sahabat, dirinya juga bergabung dengan Nabi SAW dalam pertempuran Khaibar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement