Senin 26 Jul 2021 06:35 WIB

Apakah Manusia akan Dihidupkan Lagi Saat Ditanya Malaikat?

Sebuah riwayat dari Rasulullah SAW tegaskan manusia akan dihidupkan kembali

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sebuah riwayat dari Rasulullah SAW tegaskan manusia akan dihidupkan kembali . Ilustrasi ziarah kubur
Foto:

Barra bin Azib berkata, “Ketika kami tengah bersama jenazah di Baqi’ Gharqad, Rasulullah SAW mendatangi kami lalu beliau duduk, maka kami pun duduk di sekeliling beliau. Saat itu seakan-akan di kepala kami ada burung, sementara liang lahad tengah digali untuk jenazah itu. Rasulullah SAW kemudian berucap sebanyak tiga kali: اعوذ بالله من عذاب القبر “Aku berlindung kepada Allah dari siksa kubur.”

Lali beliau bersabda, “Sesungguhnya apabila seorang hamba mukmin menghadap menuju akhirat dan terputus dari dunia, maka turunlah kepadanya para malaikat yang wajah mereka laksana matahari. Kemudian mereka duduk sejauh mata memandang. Lalu datanglah Malaikat maut yang kemudian duduk di dekat kepala si hamba mukmin itu.”

Malaikat Maut kemudian berkata, “Wahai jiwa yang baik, keluarlah engkau menuju ampunan dari keridhaan Allah!”

Barra bin Azib berkata, “Kemudian ruh itu keluar mengalir seperti mengalirnya tetes air dari wadahnya, malaikat Maut pun mengambil ruh itu. Ketika Malaikat Maut itu mengambilnya, para malaikat yang lain tidak membiarkan begitu saja ruh itu berada di tangan malaikat maut barang sekejap, mereka langsung mengambil ruh itu kemudian mereka letakkan ruh itu dalam kafan dengan wewangiannya (hanuth). Lalu ruh hamba mukmin itu pun keluar darinya dengan aroma kesturi yang paling semerbak di muka bumi.”

Menurut Barra, para malaikat itu kemudian naik bersama ruh itu sampai tiba di langit dunia. Ruh itu dibawa dari satu langit ke langit beirkutnya oleh para malaikat. Sampai akhirnya ruh itu tiba di langit yang di situ ada Allah SWT. 

Allah lalu berkata, “Tuliskanlah catatan hambaku ini di Illiyyun, lalu kembalikanlah dia ke bumi karena sesungguhnya dari bumi itulah Aku menciptakan mereka, di situ Aku kembalikan mereka dan dari situ juga Aku akan keluarkan mereka sekali lagi.”

 

Barra bin Azib melanjutkan, “Ruh hamba mukmin itu lalu dikembalikan ke tubuhnya. Dua sosok malaikat kemudian kemudian mendatanginya dan mendudukkannya. Dua malaikat itu lalu berkata kepadanya, “Siapkah Tuhanmu? Dia menjawab, “Tuhanku Allah!” Kemudian, dua malaikat itu terus bertanya kepadanya, “Agama agamu?”, “Siapakah lelaki yang diutus kepada kalian itu?”, dan beberapa pertanyaan lainnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement