Kamis 15 Jul 2021 14:56 WIB

Tujuan Ibadah Qurban dalam Islam

Sejarah qurban sudah ada sejak dulu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tujuan Ibadah Kurban dalam Islam. Foto:   Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Tujuan Ibadah Kurban dalam Islam. Foto: Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Berkurban adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah dengan merelakan, melepaskan apa yang dipunyai seseorang untuk dipersembahkan kepada Sang Khalik. Sejarah qurban telah ada sejak dahulu kala, yaitu semenjak peristiwa Qabil dan Habil. Benda yang dipersembahkan bisa berupa hewan atau hasil tanaman. Lantas, apa tujuan ibadah qurban dalam Islam?

KH Ahsin Sakho dalam buku Oase Alquran: Petunjuk dan Penyejuk Kehidupan menjelaskan bahwa penyembelihan qurban bukan tujuan utama dalam ibadah yang satu ini. Sebab Allah tidak membutuhkan daging dan cipratan darah hewan yang dikurbankan. Yang Allah butuhkan setelah seseorang berqurban, kata KH Ahsin, adalah terciptanya hati yang penuh ketakwaan kepada Allah yang berimbas pada seluruh aspek kehidupan. Inilah agama yang benar, hanif, dan diridai Allah.

Baca Juga

Sedangkan dalam sejarah, pernah terjadi pengorbanan dengan anak manusia. Itulah yang pernah terjadi di Mesir dan Sudan sebagaimana diriwayatkan sejarawan. Peristiwa "penyembelihan" Nabi Ismail agaknya sebagai bentuk upaya menghentikan pengorbanan dengan manusia. Sebaliknya, Allah mengganti kebiasaan ini dengan sesuatu yang bernuansa sosial, yaitu kambing.

Hadirnya Islam tidak merombak adat kebiasaan yang buruk dengan frontal. Melainkan mengganti tradisi tersebut dengan yang lebih bermakna dalam kehidupan. Bukankah dahulu bayi yang dilahirkan rambutnya diolesi darah hewan yang dipersembahkan kepada berhala, lalu oleh Nabi diganti dengan minyak Za'faran yang berwarna merah dan wangi?

Islam menghendaki agar ibadah yang berdimensi spiritual bisa melahirkan rasa sosial. Seperti ibadah shalat yang harus melahirkan semangat amar makruf nahi mungkar. Puasa harus melahirkan rasa empati terhadap yang miskin. Sholat dan zakat adalah dua kosa kata yang selalu bergandeng bersama, tak bisa dipisahkan.

Adapun pelaksanaan ibadah haji sarat dengan pemandangan penuh makna. Haji yang mabrur bisa kelihatan hasilnya manakala ibadah haji mampu melahirkan sikap manusia yang lebih bijak, santun, dan solider kepada sesama dalam realitas kehidupan.

Sedangkan penyembelihan kurban bukan tujuan utama. Ibadah kurban adalah cara agar manusia semakin lebih dekat kepada Allah SWT dan dekat terhadap sesamanya dalam aspek kehidupan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement