Rabu 14 Jul 2021 05:25 WIB

Manfaat Ilmiah Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Siwak merupakan ranting alami yang diperkaya dengan mineral alami.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Manfaat Ilmiah Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut. Seorang pedagang siwak di depan Masjid Quba, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (23/9).
Foto:

Pada penggunaan pertama, siwak akan terasa keras dan bahkan mungkin terbakar karena zat seperti mustard ditemukan di dalamnya. Tetapi, ini adalah bahan yang melawan pembusukan di mulut dan membunuh kuman.

Mineral seperti natrium klorida, kalium, natrium bikarbonat dan kalsium oksida juga membersihkan gigi. Bahkan, American Dental Association mengatakan natrium bikarbonat adalah bahan yang sering digunakan dalam pasta gigi.

Minyak wangi alami yang berasal dan harum dalam siwak mampu memberikan nafas segar. Ini membuat sekitar satu persen dari enzim yang mencegah penumpukan plak yang menyebabkan penyakit gusi.  Plak juga menjadi penyebab gigi dapat tanggal lebih dini. 

Beberapa peneliti menemukan sikat gigi biasa menyebabkan kerusakan gigi yang cepat. Sebenarnya, membasahi sikat gigi dapat mengurangi kerusakan. 

Karena itu, siwak harus dibasahi sebelum digunakan. Jika tidak ada alternatif, air liur bisa digunakan. 

Lebih lanjut, siwak juga memiliki bahan kimia yang menyebabkan mulut menghasilkan air liur ekstra. Hal ini merupakan mekanisme pertahanan dan pembersihan organik mulut.

https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/siwak-preventive-medicine-teeth/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement