Rabu 14 Jul 2021 05:25 WIB

Manfaat Ilmiah Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Siwak merupakan ranting alami yang diperkaya dengan mineral alami.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Manfaat Ilmiah Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut. Seorang pedagang siwak di depan Masjid Quba, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (23/9).
Foto:

Lebih dari 1.400 tahun lalu, Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar umat Islam menggunakan siwak untuk membesihkan gigi dan mulut. Sisa makanan diantara gigi menyediakan lingkungan yang sangat baik untuk jutaan bakteri penyebab gusi berdarah, bahkan hingga kista.

Dalam kasus terburuk, bakteri tersebut bisa berkembang menyebabkan peradangan pada tulang rahang. Bakteri juga menghasilkan enzim yang merusak dan menggerogoti kalsium gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang. 

Dlam kasus yang parah, bakteri menghasilkan gas yang mengeluarkan bau busuk dari mulut. Studi ilmiah modern telah menemukan siwak memiliki mineral alami yang membunuh mikroba dan kuman serta menghilangkan plak di gigi. 

Siwak memiliki setidaknya 19 kandungan yang bermanfaat. Diantaranya adalah inhibitor asam anti-bakteri yang melawan pembusukan di gigi, bahkan hingga mencegah terjadinya diare.

Inhibitor asam anti-bakteri menjadi desinfektan alami yang dapat menghentikan pendarahan. Ini dapat mendisinfeksi gusi dan gigi, serta menutup luka mikroskopis yang mungkin ada di gusi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement