Rabu 07 Jul 2021 16:56 WIB

Api Neraka Hawiyah Tempatnya Orang-Orang Jahat

Allah mengancam orang-orang berbuat jahat dengan api neraka hawiyah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Api Neraka Hawiyah Tempatnya Orang-Orang Jahat. Foto: Ilustrasi neraka
Foto: needpix
Api Neraka Hawiyah Tempatnya Orang-Orang Jahat. Foto: Ilustrasi neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT dalam Alquran mengancam orang-orang yang berbuat jahat di dunia dengan api neraka Hawiyah. Dalam Surah Al-Qari'ah, api neraka Hawiyah digambarkan sebagai api yang sangat panas.

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ  ۗ

Baca Juga

Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. (QS Al-Qari'ah: 9)

Mengutip Tafsir Kementerian Agama, dalam ayat tersebut Allah menjelaskan nasib orang-orang jahat. Bila amal orang-orang jahat itu ditimbang dan timbangannya itu ringan, karena banyak mengerjakan kejahatan dan sedikit mengerjakan kebajikan di dunia, maka mereka akan ditempatkan dalam neraka Hawiyah tempat penyiksaan orang-orang jahat, tempat hidup sengsara, suatu tempat yang mereka dijerumuskan ke dalamnya.  

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ - ١٠  نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ - ١١

Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (QS Al-Qari'ah: 10-11)

Maksud ayat tersebut, neraka Hawiyah itu adalah api yang sangat panas dan menjadikan apa saja yang masuk ke dalamnya hancur lebur dan leleh.

Dalam ayat ini, Allah menjelaskan arti kata Hawiyah dalam bentuk pertanyaan, yaitu apakah neraka Hawiyah itu dan dari apa ia dijadikan? Neraka Hawiyah adalah api yang menyala-nyala yang sangat panas di mana orang-orang yang berdosa dijerumuskan ke dalamnya untuk menerima balasan atas kejahatan dan kemungkaran yang mereka lakukan.

Ayat ini menggambarkan jika semua api di seluruh dunia dikumpulkan dan dipersatukan, tidak akan dapat menyamai panasnya api neraka Hawiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement