Rabu 07 Jul 2021 08:39 WIB

Pertempuran Yassciemen, Akhir Hayat Dinasti Khawarizmi

Pertempuran ini terjadi pada 10 Januari 1230 M.

Pertempuran Yassciemen, Akhir Hayat Dinasti Khawarizmi. Masjid Hagia Sophia di Turki.
Foto:

Pada Jumat, bertepatan 10 Januari 1230 M, kedua belah pihak (Saljuk dan Khawarizmi Shah) akhirnya bertempur, sampai Jumat malam dengan kemenangan sementara diraih oleh Khawarizmi Shah. Sabtu paginya perang semakin berkecamuk.

Saat itu datanglah kekuatan baru yang masuk ke dalam barisan pasukan Saljuk. Hingga akhirnya kemenangan dalam perang tersebut diraih oleh Dinasti Saljuk. Kekuatan baru ini adalah bala bantuan pasukan Ertugrul.

Khawarizmi Shah menelan kekalahan besar dalam perang Yassciemen ini. Banyak pasukan mereka terbunuh dengan jumlah yang tak terhitung banyaknya.

Panglima perang mereka juga banyak yang menjadi tawanan perang Dinasti Saljuk. Ada juga sisa panglima perang mereka (Khawarizmi Shah) yang melarikan diri ke Trabzon dan Karaj (Georgia).

Ibnu Al’ Ibari dalam buku Makhthutah Tarikh Al-Azminah yang dikutip oleh Muhammad Khulaif Ats-Tsunayyan menulis sekitar 1.500 berkuda mereka jatuh dari gua yang tinggi dan semuanya tewas. Ditengah pertempuran ini, terjalin hubungan erat antara Sultan Alauddin dan Ertugrul bin Sulaiman Shah.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement