Selasa 06 Jul 2021 21:26 WIB

Prestasi Bangsa India yang Dikagumi Sarjana Muslim Al Biruni

Al Biruni mengagumi capaian bangsa India untuk peradaban mereka

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Al Biruni mengagumi capaian bangsa India untuk peradaban mereka. Ilustrasi
Foto:

Terkait astronomi, misalnya, ia menyebutkan naskah Surya-siddhanta yang berasal dari abad keenam SM.

Manuskrip yang belakangan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Ebenezer Burgess pada 1860 itu menyatakan bahwa alam semesta berbentuk bola. Namun, berbeda dengan realitas faktual, Surya meyakini bahwa matahari berputar mengitari bumi.

Yang fenomenal, naskah dari peradaban India itu menghitung diameter bumi sebesar 8.000 mil, sedangkan perhitungan modern menemukan angkanya yakni 7.928 mil. 

Al Biruni sendiri terkenal sebagai ilmuwan pertama yang secara presisi menghitung keliling bumi. Menurutnya, jari-jari bumi itu mencapai 6.339,6 kilometer.

Hasilnya itu hanya kurang 16,8 kilometer dari nilai perkiraan ilmuwan modern. Untuk sampai pada kesimpulannya, ia menggunakan perhitungan trigonometri yang didasarkan pada sudut antara daratan si pengamat dan puncak gunung. 

Dalam Kitab Al Hind, ia juga menyebut pencapaian peradaban India dalam bidang kesehatan. Contohnya adalah kitab yang disusun Charaka. Sosok India yang lahir 100 tahun SM itu turut berkontribusi dalam menyusun Ayurveda, yakni sistem pengobat an tradisional India Kuno. 

 

Karyanya termaktub dalam Charaka Samhita. Masih banyak lagi bidang-bidang lain yang diceritakannya sebagai produk kebudayaan India. Satu di antaranya adalah kisah Pancatantra yang secara harfiah berarti 'lima ajaran.' Ciri khasnya adalah pengisahan disampaikan dalam bentuk cerita berbingkai dan banyak mengandung fabel-fabel. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement