Senin 05 Jul 2021 20:05 WIB

Rahasia Metode Dialog Didik Anak Versi Luqman Al Hakim

Berdialog merupakan kunci penting dalam mendidik anak usia dini

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Berdialog merupakan kunci penting dalam mendidik anak usia dini. Ilustrasi dialog dengan anak
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Berdialog merupakan kunci penting dalam mendidik anak usia dini. Ilustrasi dialog dengan anak

REPUBLIKA.CO.ID, Metode-metode pendidikan Luqman kepada anaknya sebagaimana dijelaskan dalam surat Luqman yaitu adalah dengan dialog (hiwar)  menggunakan perkataan yang menyentuh perasaan paling dalam dari murid. 

Pendakwah yang juga Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Menengah dan Kepesantrenan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), KH Dedeng Rosyidin, menerangkan metode hiwar itu ditunjukan pada ayat-ayat di surat Luqman yang menggunakan kata yaa bunayya

Baca Juga

Selain itu pada surat Luqman juga ditemukan metode keteladanan (qudwah) sebagaimana pada ayat 17. 

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

 

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”   

Selain itu dari surat Luqman juga setiap Muslim dapat mempelajari metode mauidhah hasanah atau nasihat yang baik serta metode sual wal jawab atau tanya jawab. 

Yang juga penting untuk diketahui bahwa pada surat Luqman juga terdapat metode tamsil atau perbandingan sebagaimana pada surat Luqman ayat 16. 

يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

“(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Mahamengetahui.”

Menurut Dedeng dalam mengajarkan suatu hal pada anak usia dini dapat dilakukan dengan mengambil tamsil dari benda atau hal-hal di sekelilingnya. 

"Alquran itu menyampaikan berbagai model pendidikan, kewajiban kita mengikuti Alquran. Kita boleh memilih model mana yang pas untuk dipakai dalam mendidik anak. Karena di sana bersumber dari Alquran. Bahwa di dalamnya silakan materi, mata pelajaran lainnya yang membuat anak bergairah. Tetapi yang lima itu Alquran menekankan penting," katanya.      

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement