Senin 05 Jul 2021 19:37 WIB

5 Konsep Utama Pendidikan Anak Usia Dini Luqman Al Hakim

Alquran menjelaskan konsep dan metode pendidikan Luqman Al Hakim

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menjelaskan konsep dan metode pendidikan Luqman Al Hakim. Unsur penciptaan manusia menurut Alquran (ilustrasi)
Foto:

Kedua, adalah pendidikan akhlak kepada Allah, orang tua, pada diri sendiri dan orang lain sebagaimana dijelaskan surat Luqman ayat 14-15. 

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. 

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”   

Ketiga, adalah pendidikan ibadah mahdhah sebagaimana dijelaskan surat Luqman ayat 17. 

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”   

Keempat, adalah pendidikan ibadah ghairu mahdhah atau kesalehan sosial yakni dengan adanya seruan berbuat makruf dan mencegah kemungkaran sebagaimana surat Luqman ayat 17 di atas.  

Kelima, melatih kecerdasan sebagaimana digambarkan dalam ayat 16.

يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

“(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Mahamengetahui.”   

 

"Di sinilah mengapa Alquran menampilkan pentingnya konsep Luqman Al Hakim. Makannya ini penting untuk diangkat karena memang tidak ada konsep yang paling baik dan pasti benar itu konsep pendidikan tarbiyah quraniyah yang disajikan dalam beberapa modelnya," kata KH Dedeng Rosyidin dalam kajian virtual PP Persis beberapa waktu lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement