Senin 05 Jul 2021 12:29 WIB

George Bernard Shaw: Nabi Muhammad Penyelamat Kemanusiaan

Mutiara kehidupan Nabi Muhammad hanya bisa dilihat melalui 'mata' hikmah.

George Bernard Shaw: Nabi Muhammad Penyelamat Kemanusiaan. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Muhammad (c. 570 – 632) The Prophet of Islam. He is depicted holding the Qur’an. The Qur’an provides the primary source of Islamic Law. Prophet Muhammad’s teachings explain and implement Qur’anic principles. The figure above is a well-intentioned attempt by the sculptor, Adolph Weinman, to honor Muhammad, and it bears no resemblance to Muhammad. Muslims generally have a strong aversion to sculptured or pictured representations of their Prophet.

Artinya, sebagai berikut. Nabi Islam Muhammad (c. 570 – 632). Ia digambarkan sedang memegang Alquran. Alquran menyediakan sumber utama Hukum Islam. Ajaran Nabi Muhammad menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip Alquran. Gambar di atas adalah apresiasi pematung Adolph Weinman untuk menghormati Muhammad. Patung ini tidak ada kemiripannya dengan Muhammad. Muslim umumnya memiliki keengganan kuat atas representasi patung atau gambar Nabi mereka.

Sebuah pencapaian sepanjang itu dimaksudkan sebagai pengabdian kepada kemanusiaan adalah bagian dari nilai universal. Maka nilai itu akan abadi sepanjang sejarah kemanusiaan berlangsung.

Barangkali ada sementara umat Islam yang marah, sedih dan pesimis dengan sikap-sikap dan reaksi-reaksi negatif yang sering ditunjukkan oleh sebagian kecil kalangan masyarakat Barat tentang Nabi Muhammad. Tetapi, satu hal yang mesti diyakini adalah sikap-sikap itu lahir dari ketidaktahuan.

Buktinya, mereka yang dengan sungguh-sungguh dan tanpa prasangka telah mengkaji Islam dan kehidupan pribadi Nabi Muhammad, justru menemukan mutiara-mutiara yang nyatanya tak bisa dilihat oleh “mata” biasa. Mutiara kehidupan Nabi Muhammad hanya bisa dilihat melalui “mata” hikmah.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement