Senin 05 Jul 2021 12:29 WIB

George Bernard Shaw: Nabi Muhammad Penyelamat Kemanusiaan

Mutiara kehidupan Nabi Muhammad hanya bisa dilihat melalui 'mata' hikmah.

George Bernard Shaw: Nabi Muhammad Penyelamat Kemanusiaan. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Pengakuan positif tentang Nabi Muhammad bahkan juga terlihat di Gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat atau U.S. Supreme Court Building. Dalam gedung itu, terdapat salah satu ruangan yang didedikasikan bagi para peletak hukum dari zaman ke zaman.

Di dinding sebelah selatan, terdapat patung para peletak dasar dan penegak hukum pada zaman kuno seperti Hammurabi, Musa, Sulaiman, dan Confucius. Sementara di dinding sebelah utara adalah patung atau lukisan pahat tokoh-tokoh hukum Abad Pertengahan.

Pada jajaran pahatan itulah terdapat gambaran Nabi Muhammad. Digambarkan di situ, Nabi Muhammad memegang Qur’an dengan tangan kanan, dan pedang di sebelah kiri. Patung atau lukisan pahatan tokoh-tokoh hukum dunia dari masa terdahulu itu dibuat dan didirikan pada zaman Presiden Franklin D. Roosevelt pada 1935.

Tentu saja, karena dalam Islam terdapat pemahaman bahwa menggambarkan bentuk fisik Nabi Muhammad tidak diperbolehkan, sehingga pada 1997 Council on American-Islam Relations meminta penggambaran Nabi Muhammad dalam patung di Gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat itu dibatalkan.

Tetapi, Jaksa Agung Amerika pada saat itu, Hakim William Rehnquist menolak permintaan dengan alasan penggambaran itu hanya sebagai representasi pengakuan dan penghargaan yang tinggi dari Mahkamah Agung Amerika Serikat kepada Muhammad sebagai salah satu pencipta dan penegak hukum dunia dalam sejarah kemanusiaan. William menyebut, ini sama sekali tidak dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penyembahan pada berhala. Setelah peristiwa itu, ditambahkan catatan tentang patung Nabi Muhammad itu, yang berbunyi:

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement