Selasa 29 Jun 2021 20:51 WIB

Menyusuri Jejak Sejarah di Distrik Imam Syafii (3-Habis)

Menyusuri Jejak Sejarah di Distrik Imam Syafii

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Pemakaman keluarga kerajaan Mesir Mohammad Ali Pasha atau Hosh al-Basha di Masjid Imam Syafii.
Foto: Egypt Today
Pemakaman keluarga kerajaan Mesir Mohammad Ali Pasha atau Hosh al-Basha di Masjid Imam Syafii.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di masa lalu, gaji toraby dibayar dari uang wakaf (wakaf) langsung sebagai bagian dari biaya pemeliharaan qarafa. Setelah Revolusi 1952, wakaf memiliki kementeriannya sendiri dan pemerintah mengalihkan prioritas uang wakaf ke perumahan umum, sehingga menciptakan kota Wakaf. Akibatnya, uang yang dialokasikan untuk menutupi biaya pengelolaan dan pemeliharaan pemakaman menjadi terpengaruh.

Dia menjelaskan bahwa semua hal tadi mengarah pada kesalahpahaman tentang toraby sebagai oportunis yang mengklaim biaya pemakaman dari keluarga almarhum, padahal sebenarnya dia punya kewajiban hukum tapi tidak ada gaji.

Baca Juga

Di sebelah timur Kubah Imam Al-Syafi’i terdapat kompleks makam monumental keluarga Mohamed Ali. Mohamed Ali sendiri dimakamkan di masjidnya di Benteng Hawsh al-Pasha, juga dikenal sebagai Madafin Al-Familia (Makam Keluarga), tetap menjadi tempat pemakaman resmi bagi penerusnya, anggota keluarganya, pejabat pengadilan, dan pelayannya, hingga awal abad ke-20.

Di antara mereka yang dimakamkan di sana adalah istrinya, Amina Hanem (w.1823), dan putranya Tusun Pasha (w.1816), Ismail Pasha (w.1825), Ibrahim Pasha (r.Juli – November 1848), Abbas Hilmi I ( m. 1848-1863), Mohamed Said Pasha (memerintah 1854 – 1863), dan keluarga mereka. Setiap makam ditandai dengan kolom pemakaman dengan hiasan kepala khas almarhum sesuai dengan status dan jenis kelamin mereka, kepang atau mahkota untuk wanita, sorban atau fezzes untuk pria.

“Interior pemakaman mencerminkan gaya Barok Ottoman, serta arsitektur khas Mohamed Ali dari abad ke-19 hingga abad ke-20, dan itu seperti hutan kuburan. Sejarawan Ottoman kagum dengan tempat pemakaman, karena mereka berada di dalam ruangan, tidak seperti yang ada di Turki - yang mempertahankan warna mereka selama bertahun-tahun,” kata El-Ibrashy.

Sebelum tahun 1872, makam keluarga Ismail Pasha, dikenal sebagai pemakaman Pangeran Mahmoud Hamdy, merupakan tempat pemakaman keluarga khedive Ismail yang didirikan di utara Hawsh Al-Pasha, tempat makam dua istrinya, Buzum dan Jamal Nur.

Ahmed Taymour Pasha, penyair, penulis, cendikiawan dan sejarawan Mesir juga dimakamkan di wilayah ini. Salah satu peribahasa Mesir buatannya yang terkenal adalah, “Jika kita tidak mati, kemana kita akan pergi? Jangan menangisi tembikar Anda, itu seperti hidup Anda. Dia yang memakai wol lembut dan dia yang memakai linen kasar, keduanya akan diturunkan ke kuburan.”

Ahmed Taymour Pasha adalah putra Ismail Taymour Pasha, kepala diwan khedive Ismail, saudara penulis Aisha Al-Taymuriyya, dan ayah dari novelis Mohamed dan Mahmoud Taymour. Ahmed Taymour mengumpulkan dan mengarsipkan ratusan manuskrip Arab langka, yang kemudian ia sumbangkan ke Dar Al-Kutub Mesir. Dia menulis buku-buku yang mendokumentasikan insinyur dan dokter dari periode Islam, bersama dengan kamus bahasa sehari-hari bahasa Arab Mesir dan mengumpulkan ucapan dan peribahasa Mesir.

Perjalanan berakhir di halaman belakang Kubah Imam Al-Shafii, di mana Sadat Al-Bakria bertanggung jawab untuk pemeliharaan Kubah Imam Al-Shafii. “Di sini kita berbicara tentang tradisi pemakaman yang kita ketahui dari Kotob Al-Ziara (Kitab Visitasi). Praktik Kotob Al-Ziara dimulai pada era Fatimiyah, namun, buku yang kami temukan mencakup waktu dari dinasti Ayyubiyah hingga era Ottoman,” kata El-Ibrashy.

Menurut El-Ibrashy, buku seperti itu persis seperti buku panduan wisata tapi tanpa peta, petanya berupa kata-kata. “Misalnya, peta akan memberikan instruksi untuk berjalan 100 langkah dan Anda akan menemukan sebuah makam di mana Anda akan menemukan burung-burung hijau terbang digambar di makam karena orang yang dimakamkan di sana disebut Al-Asafiri dan dia akan memberi makan burung-burung sebelum dia mati, jadi burung berduyun-duyun ke kuburannya,” ujarnya menjelaskan.

Buku-buku itu seperti peta alternatif, karena peta itu berafiliasi dengan gedung-gedung besar, seperti Qalawoon Dome, kata dia. “Tetapi bagi mereka, ini adalah non-entitas, mereka tidak signifikan sama sekali, karena mereka tidak memiliki nilai agama. Mereka akan memberitahu Anda untuk berjalan di sebelah kubah tinggi dan Anda akan tahu bahwa ini adalah kubah Qossoun. Ini adalah peta Kairo yang indah yang memberi tahu Anda detail yang sangat manusiawi,”pungkasnya.

sumberhttps://english.ahram.org.eg/NewsContent/32/97/416174/Folk/Street-Smart/Along-the-trail-of-Historic-Cairo-Imam-AlShafii-di.aspx

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement